Kamis, 24 Jun 2021 15:39 WIB

Anang Hermansyah Idap Batu Ginjal, Ini 5 Gejalanya yang Wajib Diwaspadai

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Blak Blakan Bersama Anang Hermansyah soal RUU Permusikan Anang Hermansyah. (Foto: Grandyos Zafna/detik.com)
Jakarta -

Anang Hermansyah dilaporkan baru selesai menjalani operasi batu ginjal. Menurut sang istri, Ashanty, suaminya memiliki kebiasaan buruk, yang diduga sebagai penyebab batu ginjal, yakni jarang mengonsumsi air putih.

"Jadi dari awal aku kenal dia emang jarang minum air putih ya," kata Ashanty, dikutip dari detikHot.

Perlu diketahui, kurang mengonsumsi air putih dapat membuat tubuh mudah dehidrasi. Hal ini menjadi salah satu faktor risiko seseorang bisa terkena batu ginjal, selain karena obesitas dan memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit serupa.

Ketika seseorang terkena batu ginjal, seperti Anang Hermansyah, umumnya akan ada beberapa gejala yang dirasakan. Berikut sejumlah gejala batu ginjal yang harus diwaspadai, dikutip dari Healthline.

1. Sakit di punggung dan perut

Nyeri batu ginjal kerap kali muncul secara tiba-tiba. Umumnya rasa sakit dapat terasa di punggung, perut, di bawah tulang rusuk, atau di sekitar selangkangan.

Biasanya rasa sakit mulai terasa parah ketika batu ginjal bergerak ke arah ureter (saluran antara ginjal dan kandung kemih). Kondisi ini dapat menyebabkan penyumbatan di ureter, sehingga memicu tekanan pada ginjal.

2. Sakit saat buang air kecil

Gejala ini dapat terjadi ketika batu ginjal sudah mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih. Rasa nyerinya bisa seperti terbakar.

3. Ada darah dalam urine

Gejala ini biasa disebut juga sebagai hematuria. Darah yang keluar bersama urine bisa berwarna merah, merah muda, atau cokelat.

4. Urine tampak keruh atau berbau

Umumnya urine yang keluar dari pengidap batu ginjal akan tampak keruh atau berbau busuk.

Warna keruh dari urine disebabkan oleh nanah. Kemudian bau busuknya berasal dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

5. Demam dan meriang

Demam yang dirasakan bisa mencapai suhu di atas 38 derajat celsius. Apabila kamu mengalami demam dan meriang, kemudian disertai dengan sejumlah gejala di atas, maka segera periksakan diri ke dokter karena kemungkinan kamu terkena batu ginjal.



Simak Video "Awal Mula Anang Hermansyah Jadi Relawan Vaksin Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/fds)