Kamis, 24 Jun 2021 17:29 WIB

Tunda Dulu Konsumsi 6 Makanan Ini saat Kena COVID-19 Biar Cepat Pulih

Destria - detikHealth
Asian woman wearing mask, sick doctor, cough, use to grasp the chest in the bedroom Foto: Getty Images/iStockphoto/somboon kaeoboonsong
Jakarta -

Pasien Corona harus mendapatkan perawatan yang maksimal, terutama pada asupan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi oleh pasien Corona wajib bernutrisi dan kaya akan vitamin.

Hal ini dikarenakan asupan makanan memiliki peran besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya, sangat penting untuk memilih asupan yang bergizi bagi pasien COVID-19.

Dikutip dari Eat This dan curlytales, terdapat makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari pasien Corona agar cepat pulih. Apa saja ya?

1. Makanan dalam kemasan

Makanan kemasan biasanya mengandung natrium, pengawet, adiktif, dan tambahan gula yang dapat menyebabkan peradangan.

"Makanan olahan dengan kadar gula tinggi, asam lemak omega-6, natrium dan aditif bermutu rendah dapat memicu peradangan," ujar ahli diet Sydney Greene.

Greene menjelaskan saat tubuh mengalami peradangan, sistem kekebalan akan terbebani sehingga membuatnya lebih rentan terhadap penyakit. Hindari makan dalam kemasan yang memiliki natrium dan zat adiktif tinggi, seperti keripik kentang maupun makanan kemasan lainnya.

2. Terlalu banyak daging merah

Daging merah mengandung lemak jenuh yang tinggi, kandungan tersebut dapat meningkatkan peradangan. Meskipun tidak terpapar virus Corona, sebaiknya batasi mengonsumsi daging merah.

Di masa penyembuhan usai terpapar virus corona, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengurangi peradangan. Ganti dengan asupan lemak dari daging dengan mengonsumsi lemak nabati seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan dan salmon.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng termasuk makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan yang digoreng dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan kolestrol jahat (LDL), yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

"Saat digoreng, makanan menjadi lebih padat secara kalori, karena bagian luar makanan kehilangan air dan menyerap lemak atau minyak," kata ahli diet Ashley Kitchens.

Sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan yang digoreng, membuat kamu lebih baik menjalani masa pemulihan dari COVID-19.

4. Minuman manis

Hindari untuk meminum minuman manis, karena dalam minuman manis terdapat gula tambahan yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Soda dan minuman manis lainnya harus dihindari ketika mengikuti diet antiinflamasi.

5. Makanan pedas

Sebaiknya untuk pasien Corona hindari makan-makanan pedas, karena bumbu yang terasa pedas dapat mengiritasi tenggorokan atau memperparah batuk. Jika mengalami hidung tersumbat cobalah untuk mengonsumsi minuman hangat maupun sup untuk meringankan gejalanya.

6. Alkohol

Bagi pasien yang terpapar virus Corona sebaiknya hindari untuk mengonsumsi alkohol. Alkohol membuat obat-obatan tertentu kurang bekerja secara efektif, selain itu alkohol juga dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Sebagai gantinya, bisa mengonsumsi butter milk atau jus lemon.



Simak Video "Daftar Kontak Mobil Darurat untuk Evakuasi Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)