Sabtu, 26 Jun 2021 07:00 WIB

Anjuran Pakai Masker Dobel untuk Proteksi Ganda di Tengah Amukan Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
strap masker Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth
Jakarta -

Infeksi virus Corona kian melonjak di Indonesia. Beberapa kali rekor kasus harian Corona tercatat dalam sepekan terakhir.

Pada Kamis (24/6/2021) kemarin, untuk pertama kalinya kasus harian Corona di Indonesia menembus angka 20.000 kasus dalam sehari. Hal ini menjadi bukti bahwa penyebaran COVID-19 di Tanah Air kian mengkhawatirkan.

Sejumlah pakar pun sudah menyarankan untuk menggunakan masker dobel sebagai antisipasi penularan COVID-19. Pasalnya, diduga penyebaran ini ada sangkut pautnya dengan varian baru Corona, yang disebut lebih mudah menular.

"Double masker (medis plus kain) memang memberikan perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan single masker. Perlindungan terhadap virus tanpa melihat variannya," kata dr Erlina Burhan, SpP(K), Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), beberapa waktu lalu.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), penggunaan masker dobel dapat menurunkan risiko penularan COVID-19 hingga 90 persen. Hal ini karena virus atau bakteri akan lebih tersaring ketika kita mengenakan masker dobel.

Meski demikian, Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengatakan masker dobel sebaiknya hanya digunakan pada saat di dalam ruangan yang banyak orang, atau ketika berada di zona penularan tinggi virus Corona.

"Tidak harus memakai dua masker tiap saat. Itu dilakukan kalau Anda berada di dalam ruangan yang ramai atau wilayah dengan tingkat penularan tinggi," kata Prof Zubairi dalam akun Twitter pribadinya, Senin (22/2/2021).

"Tapi bukankah lebih baik menghindari tempat-tempat seperti itu?" lanjutnya.

Perlu diketahui, penggunaan masker dobel yang disarankan adalah perpaduan antara masker bedah dan masker kain. Masker bedah berfungsi sebagai filter dan masker kain berfungsi untuk lapisan tambahan.



Simak Video "Yuk Sama-sama Pakai Masker Dobel, Risiko Penularan Turun Sampai 95%!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)