ADVERTISEMENT

Sabtu, 26 Jun 2021 12:10 WIB

Catat Makanan yang Baiknya Dikonsumsi Sebelum-Sesudah Vaksin Corona

Ardela Nabila - detikHealth
Ribuan tenaga kesehatan (nakes) menjalani vaksinasi COVID-19 di Surabaya. Ada 4 ribu lebih nakes yang disuntik vaksin COVID-19. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Jakarta -

Indonesia sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi COVID-19. Bahkan, per Kamis (24/6/2021), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit telah menghapus syarat KTP domisili bagi peserta vaksinasi yang berlaku di seluruh fasilitas kesehatan Kemenkes.

Bagi Anda yang baru mendapatkan jadwal untuk vaksinasi COVID-19, salah satu hal penting yang perlu dicatat adalah mengetahui jenis makanan atau minuman yang harus dikonsumsi dan harus dihindari sebelum atau sesudah vaksinasi.

Sebab, dengan mengonsumsi makanan tertentu, Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan tubuh sendiri. Dikutip dari laman Health, berikut makanan atau minuman yang harus dihindari dan dikonsumsi sebelum atau sesudah vaksin.

1. Hindari alkohol sebelum dan sesudah vaksinasi

Usai mendapatkan vaksin COVID-19, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol beberapa hari sebelum dan sesudah vaksinasi. Meski sebagian orang hanya mengalami efek samping minim setelah divaksin, tidak sedikit pula orang yang mengalami kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, meriang, demam, dan mual.

Minum alkohol, meski dalam jumlah sedikit, bisa memicu terjadinya dehidrasi yang bisa memperparah efek samping dari vaksin tersebut. Selain itu, alkohol juga terbukti bisa menurunkan sistem imunitas tubuh sebagai akibat menurunnya kualitas tidur karena gangguan tidur.

2. Konsumsi makanan sehat dan cukup tidur sebelum vaksinasi

Sebelum divaksin, sebaiknya konsumsi makanan sehat dan cukup tidur di malam hari guna membantu sistem imun bekerja dengan maksimal. Untuk meningkatkan kualitas tidur sebelum vaksinasi, perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi saat makan malam.

Menurut studi yang terbit di Journal of Clinical Sleep Medicine, mengonsumsi terlalu sedikit serat (buah, sayur, gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian) serta terlalu banyak lemak jenuh dan gula (daging berlemak, produk susu, makanan manis) dapat menyebabkan gangguan tidur.

Di sisi lain, konsumsi serat yang cukup dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Di sisi lain, jika kamu merasa ingin snacking di setelah makan malam dan sebelum tidur, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang mudah dicerna tubuh.

3. Pastikan tubuh terhidrasi

Hidrasi merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah vaksinasi. Menurut Institute of Medicine (IOM), wanita membutuhkan 2,7 liter air per harinya (11 cangkir), sementara pria membutuhkan 3,7 liter (15 cangkir). Sebanyak 20 persen dari kebutuhan cairan tersebut didapat dari makanan, sehingga wanita dan pria bisa meminum sebanyak 8-12 cangkir air putih setiap harinya.

Jumlah tersebut belum termasuk kebutuhan tambahan bagi mereka yang berolahraga. Untuk memaksimalkan dan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, pastikan Anda rajin mengonsumsi air putih sepanjang hari. Jika perlu, pasang alarm sebagai pengingat Anda untuk minum air putih.

Untuk makanan dan minuman lainnya, cek halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "China Setujui Vaksin Covid-19 Hirup, Cocok Buat yang Takut Suntik"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT