Selasa, 29 Jun 2021 15:09 WIB

Aria Baron Wafat, Ini Risiko Pengidap Diabetes Terhadap COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Aria Baron Foto: dok. Aria Baron
Jakarta -

Mantan gitaris GIGI, Aria Baron, dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (29/6/2021), setelah lebih dari 14 hari berjuang melawan COVID-19. Pihak keluarga menjelaskan Aria Baron memiliki riwayat komorbid diabetes.

"Ada diabetes dia," ujar sang kakak, Mawarsari Ariono Suprayogi, saat dihubungi awak media.

Dikutip dari International Diabetes Federationa (IDF), orang yang memiliki diabetes memang lebih mungkin untuk mengalami gejala COVID-19 yang parah. Diduga ini berkaitan dengan kondisi imunitas pengidap diabetes yang lebih buruk dibandingkan orang tanpa diabetes.

"Saat orang-orang dengan diabetes kena penyakit infeksi, biasanya akan lebih sulit diobati karena kadar gula darah yang naik turun. Selain itu bisa juga ada komplikasi diabetes," tulis IDF dalam situs resminya seperti dikutip pada Selasa (29/6/2021).

"Tampaknya ada dua alasan utama untuk hal ini. Pertama imunitas terganggu sehingga tubuh lebih sulit melawan virus dan butuh waktu pulih lebih lama. Alasan kedua bisa jadi virus lebih mudah berkembang di lingkungan yang tinggi gula," lanjut IDF.

Menurut data yang dihimpun oleh Satgas Penanganan COVID-19, pasien positif Corona dengan komorbid yang meninggal di Indonesia terbanyak adalah pengidap diabetes. Disusul kemudian oleh pengidap hipertensi, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan penyakit paru obstruktif kronis.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pemanis Buatan untuk Pengidap Diabetes"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)