Selasa, 29 Jun 2021 17:55 WIB

'Ganasnya' Varian Delta,10-15 Detik Berpapasan Tanpa Masker Bisa Tertular

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Blonde woman in isolation at home for virus outbreak Foto: Getty Images/ArtistGNDphotography
Jakarta -

Belakangan ini, jumlah kasus baru COVID-19 di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat dan tentunya mengkhawatirkan. Melihat ini, juru bicara vaksinasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan berbagai faktor pemicunya.

"Terjadinya peningkatan kasus yang kita ketahui faktor utamanya karena adanya mobilitas yang tinggi di saat bulan Ramadhan dan libur Idul Fitri, serta protokol kesehatan yang kendor," kata dr Nadia dalam diskusi daring, Selasa (29/6/2021).

Selain itu, kemunculan berbagai varian baru Corona juga disebut-sebut juga memicu peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia, seperti varian Alpha (B117, dulu disebut varian Inggris), Beta (B1351, dulu disebut varian Afrika Selatan), dan Delta (B1617.2 atau varian India).

Menurut dr Nadia, dengan adanya peningkatan kasus tersebut memfasilitasi varian-varian baru yang ada saat ini untuk menyebar lebih mudah di masyarakat. Salah satu varian yang banyak ditemukan adalah varian Delta.

"Kita tahu varian baru ini (Delta) memang kecepatan penularannya itu bisa enam kali dari varian Alpha. Ini yang tentunya membuat peningkatan kasus kita berjalan secara eksponensial," jelasnya.

dr Nadia juga menjelaskan dalam sebuah jurnal Australia melaporkan bahwa penularan varian Delta lebih cepat dibandingkan varian Alpha. Dalam hitungan detik, orang bisa tertular varian Delta tersebut.

"Kecepatan penularan dari varian Delta ini kan cepat sekali, 10-15 detik orang berpapasan tanpa pakai masker sudah bisa membuat orang itu tertular," ujar dr Nadia.

"Sementara kalau varian yang lama, itu 10-20 menit baru orang bisa terpapar. Jadi, bisa membayangkan 10 kali sebenarnya kecepatan penularannya," lanjutnya.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko tertular varian baru, termasuk varian Delta yaitu:

  • Kurangi waktu berkumpul
  • Batasi waktu untuk melakukan kegiatan di luar rumah
  • Menggunakan masker dobel, yaitu masker medis yang dilapisi dengan masker kain
  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer
  • Jangan lupa lakukan vaksinasi COVID-19


Simak Video "Menkes Prediksi Ada Lonjakan Kasus COVID-19 dalam Beberapa Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)