Jumat, 02 Jul 2021 18:35 WIB

Dialami Ki Manteb Sebelum Wafat, Apa Penyebab Pasien COVID-19 Sesak Napas?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ki Manteb Sudarsono. Ki Manteb (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta -

Dalang kenamaan asal Karangpandan, Jawa Tengah, Ki Manteb Sudharsono meninggal dunia di usia 72 tahun. Dilaporkan, ia meninggal dalam kondisi positif COVID-19.

Menurut keterangan anak sulungnya, Medhot Sudharsono, Ki Manteb Sudharsono sempat mengalami gejala sesak napas sebelum meninggal dunia pada pagi tadi, Jumat (2/7/2021).

"Tadi malam kondisi sesak napas, sekitar jam 1.30 WIB bisa normal lagi. Jam 7 pagi tadi beliau agak sesak napas lagi dan akhirnya beliau kapundhut (wafat)," ucap Medhot Sudharsono

Jenazah Ki Manteb Sudharsono rencananya akan dimakamkan di kompleks pemakaman khusus keluarga (pamijen) yang berada di Karangpandan.

Diketahui, sesak napas yang dirasakan Ki Manteb Sudharsono sebelum wafat merupakan salah satu gejala COVID-19. Kondisi ini membuat pasien merasakan sesak di dada atau terus terengah-engah setiap detiknya.

Apa penyebab sesak napas pada COVID-19?

Dikutip dari Times of India, virus Corona COVID-19 dapat menyerang jaringan dan sel di paru-paru. Virus ini menyebar dengan cepat dan merusak saluran udara.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan peradangan di sekitar saluran pernapasan, sehingga memicu sesak napas. Dampaknya, fungsi paru-paru dalam mengangkut nutrisi dan cairan penting, serta suplai oksigen, menjadi terganggu.

Seorang pasien Corona dapat mengalami gejala sesak napas pada 5-6 hari setelah timbulnya gejala COVID-19 lainnya. Perlu diketahui, sesak napas bisa menjadi tanda dari keparahan infeksi virus Corona.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)