Sabtu, 03 Jul 2021 05:01 WIB

Posisi Proning Disebut Bisa Atasi Sesak Karena Kurang Oksigen, Apakah Aman?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilusyrasi nyeri haid Foto: thinkstock
Jakarta -

Posisi proning atau proning position kembali viral lewat pesan berantai yang menyebar di masyarakat. Pasalnya, teknik itu disebut bisa membantu seseorang yang mengalami sesak napas akibat kekurangan oksigen.

Dalam pesan berantai yang beredar, disebutkan bahwa posisi proning ini adalah satu teknik medis yang bisa menolong untuk menambah jumlah oksigen. Tetapi, apakah teknik ini aman jika dilakukan jika dilakukan sehari-hari di rumah?

Menanggapi ini, ahli paru dari RS Persahabatan, dr Diah Handayani, SpP mengatakan sebenarnya posisi proning bisa dilakukan sehari-hari di rumah. Namun, posisi ini hanya berfungsi untuk mengatasi sesak napas dan membantu para pengidap penyakit pernapasan.

"Bisa saja, tapi bukan berarti kita nggak kenapa-kenapa terus mencegah dari sesuatu, tidak. Cuman pada orang yang memiliki masalah pada paru, seperti pneumonia dan lainnya itu membantu," kata dr Diah pada detikcom.

Dalam penjelasannya, dr Diah mengatakan semakin lama posisi proning dilakukan, maka akan membuat pernapasan semakin membaik dan sesak napas perlahan menghilang. Tentunya jika dilakukan dengan posisi yang benar.

Selain itu, dr Diah juga mengingatkan agar tidak melakukan posisi proning ini sendirian. Agar lebih aman, harus ada yang mengawasi untuk memantau responsnya.

"Kita harus memantau responsnya, dia justru merasa lebih nyaman atau kadang-kadang merasa lebih berat, karena lagi numpuk dahak. Jadi memang harus dalam pemantauan ya," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Teknik Proning untuk Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)