Sabtu, 03 Jul 2021 08:17 WIB

Kapan Waktu Terbaik Minum Suplemen Vitamin? Ini Penjelasan Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi minum vitamin Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Berbagai macam jenis suplemen vitamin saat ini banyak dicari untuk menjaga kebugaran tubuh. Terkait hal tersebut, mungkin ada yang penasaran kapan waktu terbaik mengonsumsi suplemen vitamin agar manfaatnya maksimal.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Raissa Edwina Djuanda, menjelaskan suplemen vitamin dikonsumsi sebagai pelengkap asupan nutrisi. Ini berarti seseorang yang sehat dan bisa menjaga makanan bergizi seimbang sebetulnya tidak terlalu membutuhkan vitamin.

"Memang diutamakan nutrisi dari makanan sehari-hari... Kalau makanan kita sudah sehat, misalnya sudah makan sayur dan buah minimal 5 porsi sehari, ada karbohidratnya, ada proteinnya, ada lemaknya, vitamin, dan mineral, nah tentunya suplemen ini sifatnya tambahan jadi tidak diperlukan lagi," kata dr Raissa dalam program e-life dan dikutip pada Sabtu (3/7/2021).

Suplemen vitamin mungkin baru dibutuhkan ketika seseorang sedang merasa tidak enak badan atau jatuh sakit. Beberapa studi melihat vitamin tertentu dapat membantu proses penyembuhan.

"Kecuali kalau kita memang dalam kondisi lagi sakit atau enggak enak badan, misalnya sekarang lagi pandemi atau terpapar orang positif COVID yang erat dengan kita kontaknya, itu boleh-boleh saja ditambahkan (vitamin -red)," pungkas dr Raissa.



Simak Video "Tepat Sasaran Memilih Suplemen dan Vitamin Penambah Imun"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)