Jumat, 09 Jul 2021 08:00 WIB

Obat Herbal COVID Apa Saja untuk Isolasi Mandiri? Ini Resepnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi Obat Herbal Foto: shutterstock
Jakarta -

Pasien Corona tanpa gejala atau bergejala ringan disarankan untuk isolasi mandiri di rumah. Selain obat, pakar juga menyarankan mengonsumsi ramuan herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh. Obat herbal COVID apa saja untuk isolasi mandiri?

Indonesia adalah negara yang kaya dengan tumbuhan herbal yang bisa dijadikan sebagai ramuan. Namun, ramuan ini bukanlah obat untuk mengatasi COVID-19, tetapi berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh mereka yang mengonsumsinya.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, dr Inggrid Tania mengatakan boleh mengonsumsi herbal berbarengan dengan obat, asalkan berkonsultasi dulu dengan dokter.

"Kadang obat medis itu ada efek samping misalnya mual. Itu bisa dibantu dengan herbal yang bersifat mengurangi mual, juga anti peradangan, meningkatkan imunitas, misalnya kunyit, meniran, sambiloto," kata dr Tania dikutip dari ANTARA, Jumat (9/7/2021).

Berikut herbal COVID untuk isolasi mandiri:

1. Qusthul Hindi

Qusthul Hindi atau Saussurea costus, herbal yang kerap dijumpai dalam bentuk bubuk ini diyakini bisa memberikan efek antiinflamasi, antimikroba, dan analgesik atau pereda nyeri yang kuat bagi pasien. Herbal ini mengandung senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, memiliki sifat yang sama dengan obat antiinflamasi non steroid seperti ibuprofen.

Hanya saja Qusthul Hindi dipakai untuk pengobatan terapi, bukan pencegahan COVID-19. Qusthul Hindi bisa dikonsumsi tiga kali sehari untuk mengurangi gejala demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

Resepnya, 1/2-1 sendok teh Qusthul Hindi dilarutkan ke dalam segelas air. Aduk dan biarkan sampai mengendap. Kemudian, pasien meminum bagian atasnya, bukan endapannya.

Rasa Qusthul Hindi bisa sangat pahit. Jika tak bisa menahan rasa pahit, madu bisa ditambahkan ke dalam larutan.

Untuk resep herbal COVID isolasi mandiri lainnya, klik SELANJUTNYA

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Obat Covid-19 Molnupiravir Masuk RI Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]