Senin, 05 Jul 2021 05:30 WIB

Round Up

Mitos! 'Susu Beruang' Bukan untuk Obati COVID-19 dan Bersihkan Paru-paru

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Entah bagaimana awalnya, banyak orang meyakini produk 'Susu Beruang' bisa mengatasi COVID-19. Sebelumnya, susu steril kemasan kaleng ini juga dimitoskan bisa membersihkan paru-paru.

Dokter gizi klinis dr Titi Sekarindah, SpGK menjelaskan, kandungan 'Susu Beruang' tidak beda dengan susu UHT (Ultra High Temperature) pada umumnya. Karenanya, khasiatnya tak sedahsyat yang digembar-gemborkan.

"Ya enggak itu bagian daripada kebutuhan gizinya biar bisa lebih lengkap lah," kata dr Siti.

"Komposisinya seperti susu UHT biasa itu," tegasnya.

Penegasan juga disampaikan oleh Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban. Bahkan ia menyarankan, kebutuhan gizi juga perlu dicukupi dengan menu makan yang seimbang, tidak cuma minum susu.

"Susu beruang untuk mengobati COVID-19, tentu saja tidak bisa. 'Susu beruang' tak bisa mematikan virus SARS-CoV-2 (virus Corona) penyebab COVID-19," jelas Prof Zubairi ykepada CNN Indonesia, Minggu (4/7/2021).

Beragam mitos tentang susu beruang membuat produk ini jadi buruan di tengah lonjakan COVID-19 belakangan ini. Stok langka di mana-mana, dan harganya melambung gila-gilaan di beberapa toko kelontong.

"Menurut saya sih orang tidak usah panic buying, beli saja yang UHT biasa. Cuma saya selalu menganjurkan kalau dewasa yang low fat saja," saran dr Siti.

(up/up)