Senin, 05 Jul 2021 13:49 WIB

RS Lapangan Disiapkan di Wisma Haji Pondok Gede, Ada 900 Bed 50 ICU

Vidya Pinandhita - detikHealth
Transferring a patient from the emergency area into the ICU Ilustrasi (Foto: Getty Images/Tempura)
Jakarta -

Menghadapi lonjakan kasus COVID-19 besar-besaran di RI, pemerintah memperluas layanan rumah sakit khusus pasien COVID-19. Di antaranya, melalui pendirian rumah sakit lapangan di Wisma Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, pembangunan RS Lapangan di Wisma Haji Pondok Gede mulai dikerjakan hari ini, Senin (5/7/2021). Ia menyebut, kini rumah sakit lapangan tersebut sedang dalam proses untuk menyediakan sekitar 900 tempat tidur.

"Insyaallah ini sudah dikerjakan mulai hari ini atas instruksi Pak Menko Marives Pak Luhut. Hari Rabu diharapkan sudah bisa menerima pasien," terangnya dalam konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021).

Ia menyebut, RS Lapangan Wisma Haji Pondok Gede akan mengandalkan tenaga kesehatan yang berasal dari wilayah-wilayah dengan kasus COVID-19 yang tidak terlalu tinggi. Nantinya, para nakes akan menempati 1 gedung tempat menginap di kawasan Wisma Haji.

"Untuk orang-orang tenaga kesehatan kita sudah mendatangkan para tenaga kesehatan dari daerah-daerah yang COVID nya tidak terlalu tinggi seperti Sumatera dan Kalimantan. Perawat dan dokter akan kita inapkan di satu gedung di Wisma Haji juga," imbuh Menkes.

Menkes menjelaskan, kini sebanyak 50 ICU sudah dibangun di RS lapangan di Wisma Haji Pondok Gede, bekerja sama dengan Kementerian BUMN.

"900 Tempat tidur dan 50 ICU juga sudah dibangun dengan Kementerian BUMN yang mudah-mudahan bisa selesai hari Selasa," pungkas Menkes.



Simak Video "Menkes Prediksi Ada Lonjakan Kasus COVID-19 dalam Beberapa Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)