Senin, 05 Jul 2021 15:30 WIB

1.031 Nakes RI Gugur di Tengah Amukan COVID-19, Ini Datanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Para nakes RSUD Bumiayu Brebes Foto: Imam Suripto/detikHealth
Jakarta -

Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia memberikan dampak yang besar di bidang kesehatan. Misalnya kondisi rumah sakit yang hampir kolaps hingga banyak tenaga kesehatan yang gugur saat merawat pasien Corona.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Dr dr Lia Gardenia Partakusuma, SpPK(K), MM, MARS, FAMM, pun menjelaskan perkembangan terkini soal kondisi tenaga kesehatan (nakes) atau SDM aktif selama pandemi COVID-19. Ia mengatakan jumlah SDM nakes saat ini berkurang sekali.

"SDM aktif saat ini berkurang sekali, karena walaupun sudah divaksinasi ternyata SDM ini juga masih bisa terinfeksi. Mungkin karena sangat banyaknya beban dan dengan penambahan tempat tidur itu sering kali jam kerja dari para SDM ini sering ditambah," jelas dr Lia dalam rapat bersama Komisi XI DPR RI, Senin (5/7/2021).

"Akhirnya, kalau sudah tertular tentu walaupun ringan, mereka harus diisolasi dan tidak bisa bekerja. Selain itu, SDM dengan komorbid dan lansia sudah tidak bisa berpraktek," lanjutnya.

Dengan kondisi seperti ini, lanjut dr Lia, membuat para petugas mengalami kelelahan. Salah satu faktornya adalah karena para petugas harus melayani masyarakat secara cepat dan darurat.

Selain itu, dengan ditambahnya ruang perawatan di rumah sakit tentunya membutuhkan penambahan nakes yang kompeten. Menurutnya, penambahan ini tidak mudah untuk dipenuhi dan membuat para nakes mengalami stres.

"Sehingga terus terang peningkatan komplain bisa terjadi dan tuntutan hukum terhadap rumah sakit membuat kami sangat stres sebetulnya," pungkasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari PERSI, APKESMI, IDI, PDGI, dan PPNI per 28 Juni 2021 lalu, hampir sebanyak 1.031 tenaga kesehatan gugur selama pandemi COVID-19. Berikut rinciannya:

  • Dokter: 405 orang
  • Dokter gigi: 43 orang
  • Perawat: 328 kasus
  • Bidan: 160 orang
  • Tenaga kesehatan lain: 95 orang


Simak Video "Menkes Prediksi Ada Lonjakan Kasus COVID-19 dalam Beberapa Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)