Selasa, 06 Jul 2021 06:00 WIB

Kenapa Harus Vaksin COVID-19? Ini Lho Manfaatnya

Ardela Nabila - detikHealth
Kasus COVID-19 melonjak dalam satu bulan terakhir. Vaksinasi pun terus dilakukan untuk memutus penyebaran COVID-19, seperti terlihat di Universitas Budi Luhur, Jaksel. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu upaya paling efektif untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Oleh karenanya, memahami manfaat vaksinasi COVID-19 sangat penting agar seluruh warga tidak lagi memiliki keraguan untuk mendapatkan vaksin.

Di Indonesia, vaksinasi COVID-19 masih terus dilakukan hingga saat ini dan telah menyasar masyarakat yang berusia mulai dari 12 tahun ke atas. Jenis vaksin yang digunakan pun berbagai macam.

Sebelumnya, Pemerintah telah resmi mengumumkan tujuh jenis vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia, yakni vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavax, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan vaksin PT Bio Farma.

Dari ketujuh jenis vaksin tersebut, sudah ada beberapa yang masuk dan digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi hingga saat ini. Di antaranya adalah vaksin COVID-19 buatan Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, dan Moderna.

Agar tak ada lagi keraguan untuk mendapatkan vaksin COVID-19, kenali 4 manfaat vaksinasi COVID-19 berikut ini, seperti dikutip dari situs resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC).

1. Efektif meminimalisir penyebaran virus

Vaksin COVID-19 sudah terbukti efektif untuk mencegah seseorang terinfeksi virus Corona. Apabila terinfeksi, maka vaksin bisa membantu meminimalisir penyebaran virusnya. Ketika orang yang telah divaksin masih terpapar COVID-19, maka vaksin yang telah disuntikkan ke dalam tubuh akan mencegah tubuh mengalami gejala parah akibat virus Corona.

2. Membentuk antibodi

Vaksin COVID-19 terbukti bisa membantu membentuk respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan, pada orang yang sudah pernah terinfeksi COVID-19 sekalipun, penelitian menunjukkan bahwa vaksinasi terbukti menyediakan perlindungan bagi orang-orang yang sebelumnya pernah terpapar virus ini.

3. Melindungi orang-orang di sekitar

Manfaat vaksinasi COVID-19 yang tak kalah pentingnya adalah vaksin yang kita dapatkan juga bisa membantu melindungi orang di sekitar kita. Sebab, apabila kita terinfeksi virus Corona, maka kita berisiko menularkannya ke orang-orang di sekitar kita. Karenanya, vaksinasi COVID-19 menjadi cara terbaik untuk mencegah penularan virus ini.

4. Menciptakan kekebalan kelompok

Vaksinasi COVID-19 juga bermanfaat untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Untuk mendapatkan manfaat vaksinasi COVID-19 yang satu ini, para ahli percaya dibutuhkan 70 persen dari populasi untuk divaksinasi.

Apabila manfaat tersebut telah tercapai, maka aktivitas normal seperti sebelum pandemi diharapkan dapat kembali dilakukan.

Jadi tunggu apa lagi, yuk segera vaksin diri Anda dan keluarga ke Sentra Vaksinasi terdekat. CT Corp juga masih menyediakan layanan vaksin pertama sampai tanggal 1 Agustus 2021, daftar sekarang juga DI SINI.



Simak Video "Direktur AstraZeneca: Vaksin COVID-19 Bisa Cegah Varian Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)