Selasa, 06 Jul 2021 13:10 WIB

10 Barang yang Wajib Ada di Rumah Selama Pandemi COVID-19

Destria - detikHealth
Penumpang bus AKAP yang akan mudik dan kembali dari kampung halaman antre menjalani tes cepat antigen di Terminal Terpadu Pulo Gebang,  Jakarta Timur, Selasa (18/5/2021). Penumpang yang hasil tesnya reaktif wajib menjalani isolasi mandiri di ruangan yang disediakan di terminal sebelum menjalani tes usap PCR dan dibawa ke rumah sakit bila positif Covid-19. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Peningkatan kasus positif COVID-19 di Indonesia semakin melonjak. Hal ini membuat pemerintah gencar mengupayakan berbagai cara untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat atau PPKM Darurat yang dimulai pada tanggal 3 Juli 2021 lalu.

Dengan adanya PPKM darurat ini, membuat aktivitas masyarakat dibatasi, dan banyak kegiatan yang dilakukan di dalam rumah. Sebagai antisipasi dan berjaga-jaga, sebaiknya selalu sedia barang-barang penting terkait kesehatan keluarga selama masa pandemi ini.

Salah satunya oximeter yang berfungsi sebagai alat bantu untuk mengetahui kadar oksigen dalam darah. Bukan itu saja, setidaknya ada 10 barang penting yang sebaiknya selalu tersedia.

1. Masker

Masker merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki di masa pandemi. Saat keluar rumah, siapapun kini wajib menggunakan masker.

Bukan hanya stok masker medis, masker kain juga harus tersedia. Karena belakangan ini disarankan untuk menggunakan double masker ketika pergi ke luar rumah untuk meningkatkan filtrasi masker itu sendiri.

"Menggunakan masker double yaitu masker media di bawah masker kain dapat meningkatkan keketatan dan filtrasi masker yang terbukti lebih fktif untuk menyaring droplet yang berasal dari saluran napas," tutur dr Adam Prabata dalam salah satu konten di Instagram pribadinya.

2. Hand sanitizer

Sediakan hand sanitizer di rumah. Khususnya di teras rumah, agar bisa digunakan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam rumah.

Selain itu, siapkan pula hand sanitizer yang berukuran kecil di dalam tas agar selalu tersedia ketika dibawa ke luar rumah. Ajarkan anak-anak terkait penggunaan hand sanitizer yang tepat di masa pandemi.

3. Hand wash

Sabun pencuci tangan merupakan barang penting yang harus tersedia di rumah. Disarankan mencuci tangan dengan benar dibanding hanya dengan menggunakan hand sanitizer.

Biasakan mencuci tangan dengan tepat, yaitu 30 menit sekali meski hanya di rumah saja. Pastikan pula mencuci tangan dengan bersih setelah menerima paket pengiriman dari kurir walaupun tidak melakukan kontak langsung dengan mereka.

4. Disinfektan

Disinfektan merupakan salah satu barang yang penting dan wajib dimiliki ketika pandemi. Penggunaannya yaitu dengan cara menyemprotkan disinfektan ke beberapa area yang sering dipegang, terutama gagang pintu.

Tidak ada salahnya juga menyemprotkan disinfektan ke paket yang diterima dari kurir sebelum membukanya. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit, baru buka kemasannya.

Disinfektan juga diperlukan ketika salah satu anggota keluarga terpapar COVID-19 dan harus melakukan isolasi mandiri di rumah.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)