Rabu, 07 Jul 2021 08:32 WIB

Viral Panduan Prone Position untuk Pasien COVID-19, Sudah Tepatkah Caranya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Woman hand introduced in a oximeter to check oxygen levels and pulse because Covid-19 pandemic Foto: Getty Images/iStockphoto/Juanmonino
Jakarta -

Pasien COVID-19 memiliki risiko mengalami penurunan saturasi oksigen yang bisa membuat mereka mengalami sesak napas. Untuk mengurangi risiko fatal akibat penurunan saturasi oksigen atau kadar oksigen dalam darah, pasien mencari bantuan dengan menggunakan tabung oksigen.

Namun di tengah melonjaknya kasus COVID-19, banyak pihak yang mengeluhkan ketersediaan oksigen terbatas bahkan langka dan sulit didapatkan pasien Corona.

Dalam kondisi tersebut, posisi proning atau prone position disebut bisa menjadi pertolongan pertama pada pasien Corona yang mengalami sesak.

"Iya bisa dan sudah tepat," kata spesialis paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP, saat dihubungi detikcom, Rabu (7/7/2021).

Namun dr Erlang juga menyampaikan bahwa jika saturasi oksigen turun kemudian melakukan proning tidak seketika bisa menambah saturasi oksigen. Posisi proning hanya membantu jalan keluarnya oksigen.

"Proning bisa membantu tapi tidak banyak tetap bila kekurangan oksigen perlu tambahan oksigen," ungkapnya.

Cara melakukan proning

Posisi 1:
Tidur dengan posisi tengkurap. Letakkan tiga bantal di bagian leher, panggul, dan kaki selama 30 menit.

Posisi 2:
Berbaring dengan posisi menyamping ke kanan atau kiri. Letakkan bantal di bagian kepala, pinggang, dan di antara kedua kaki. Lakukan selama 30 menit.

Posisi 3:
Rebahkan badan dalam posisi setengah duduk. Tumpukkan bantal di belakang badan untuk bersandar dengan posisi yang miring selama 30 menit.

Hanya saja, proning position tidak dianjurkan bagi pasien COVID-19 yang sedang hamil atau pasien yang memiliki riwayat trombosis vena dalam, pengidap penyakit jantung berat, pernah mengalami patah tulang panggul, atau tulang paha tidak stabil.

Hindari melakukan proning position selama 1 jam setelah makan.



Simak Video "Mengenal Teknik Proning untuk Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)