Rabu, 07 Jul 2021 09:45 WIB

Waduh! Lima Varian Baru Corona, Delta hingga Kappa 'Ngumpul' di DKI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah rumah sakit di Jakarta mulai fungsikan tenda darurat sebagai tempat penanganan pasien Corona. Salah satunya RSUD Kramat Jati di Jakarta Timur. Foto: Andhika Prasetia/Detikcom
Jakarta -

Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan mencatat setidaknya ada enam varian baru Corona yang ditemukan di Indonesia. Dari enam varian baru tersebut, lima di antaranya terdeteksi di DKI Jakarta.

Kasus Corona di Ibu Kota dalam beberapa pekan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, beberapa kali kasus baru mencetak rekor di atas 10 ribu pasien.

Kenaikan jumlah infeksi ini ditengarai karena varian baru Corona yang disebut lebih menular, salah satunya varian Delta. Varian Delta atau B.1617.2 ini sudah ada sekitar 195 kasus di DKI Jakarta, terbanyak di antara varian lainnya.

COVID-19 Makin Beragam! Ini Beda Varian Lambda, Delta, Kappa, DkkCOVID-19 Makin Beragam! Ini Beda Varian Lambda, Delta, Kappa, Dkk Foto: infografis detikHealth

Tak hanya variant of concern (VoC) Alpha hingga Delta yang ditemukan, beberapa varian baru Corona seperti Kappa hingga Eta juga teridentifikasi di DKI.

Berikut daftar varian Corona yang 'ngumpul' di DKI:

  • Varian Corona Alpha: 33 kasus
  • Varian Corona Beta: 38 kasus
  • Varian Corona Delta: 195 kasus
  • Varian Corona Kappa: 1 kasus
  • Varian Corona Eta: 4 kasus


Simak Video "Pakar Ingatkan Kemungkinan Varian Covid-19 Baru Lahir di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)