Rabu, 14 Jul 2021 05:41 WIB

Round Up

Jamin Tak Ganggu Vaksin Gratis, Kemenkes Bakal Lanjutkan Vaksin Berbayar

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Munculnya pilihan vaksin COVID-19 berbayar menuai kontroversi di kalangan masyarakat. PT Kimia Farma TBK pun kemudian menunda pelaksanaan vaksinasi berbayar. Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Topik Hangat Vaksin Corona Berbayar
Jakarta -

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Siti Nadia Tarmizi angkat suara terkait program vaksinasi gotong royong individu. Nadia mengatakan program ini adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi demi menekan laju penyebaran virus Corona.

Nadia menegaskan program vaksinasi gotong royong individu tidak akan mengganggu proses vaksinasi program pemerintah. Seperti diketahui, jenis vaksin yang digunakan dalam program pemerintah berbeda dengan yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong individu.

"Mulai dari jenis vaksin, fasilitas kesehatan, serta tenaga kesehatannya akan berbeda. Vaksinasi gotong royong individu hanya menggunakan vaksin Sinopharm," ujar Nadia dalam konferensi pers, Selasa, (13/7/2021).

Sebelumnya vaksinasi gotong royong individu direncanakan akan dimulai mulai Senin, (12/5/2021). Namun, pemerintah menunda program vaksinasi gotong royong individu ini untuk mempertimbangkan petunjuk teknis lebih lanjut agar program dapat berjalan secara efisien.

"Pemerintah melihat perlu dikeluarkannya sebuah petunjuk teknis yang mengatur lebih detail pelaksanaannya. Untuk itu, Kementerian Kesehatan bersama Kementerian BUMN dan PT Biofarma Persero sedang menyiapkan petunjuk teknis yang akan segera difinalisasi," jelasnya.

Nadia meminta Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota untuk menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat sebelum memberi izin kepada fasilitas kesehatan yang akan menerima layanan vaksinasi gotong royong individu.



Simak Video "Kendala Pelaksanaan Program Vaksin Gotong Royong di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Vaksin Corona Berbayar