Rabu, 14 Jul 2021 10:45 WIB

4 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Bisa Tangkal COVID-19?

Destria - detikHealth
Minum Air Kelapa Hijau Plus Air Jeruk Nipis Bisa Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya! Foto: iStock
Jakarta -

Air kelapa muda saat ini tengah menjadi incaran masyarakat. Konon, manfaat air kelapa muda salah satunya bisa mencegah dampak buruk akibat infeksi COVID-19.

Terkait fenomena tersebut, dr Juwalita Surapsari, M Gizi, Sp GK, dokter spesialis gizi klinis Rumah Sakit Pondok Indah menegaskan belum ada bukti ilmiah manfaat air kelapa bisa menangkal COVID-19. Walaupun ada pasien COVID-19 merasa lebih baik, setelah meminum air kelapa muda, hal tersebut tidak lantas mengindikasikan manfaat air kelapa bisa mencegah atau menyembuhkan infeksi COVID-19.

"Yang pertama kemungkinan memang orang ini sudah menjalankan pengobatan yang dianjurkan. Tidak selalu pengobatan itu bersifat spesifik terhadap COVID-19, tetapi mungkin diberikan juga obat-obatan yang sifatnya suportif oleh dokter. Kemudian yang kedua, mereka sudah menjalani diet seimbang yang sifatnya memang mendukung penyembuhan," tutur dr Juwalita dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (14/7/2021).

Meski tak bisa dipastikan mencegah COVID-19, manfaat air kelapa muda memang tak bisa dipungkiri. Berikut sederet manfaatnya bagi tubuh.

1. Mampu mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung

Dokter Juwalita memaparkan bahwa manfaat air kelapa memiliki kadar eketrolit cukup tinggi karena mengandung kalium dan magnesium. Kedua unsur ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Ini berarti terkait juga pada pencegahan penyakit komorbid (penyerta) pada COVID-19.

2. Berperan sebagai sistem imun

Air kelapa mengandung berbagai nutrisi baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu mengandung vitamin B6. Vitamin ini sangat berperan dalam meningkatkan sistem imun.

"Jika kita lihat kandungan micronutrient-nya, memang kandungannya sangat menonjol pada air kelapa, terutama vitamin, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9. Kita tahu B9 itu kita kenal sebagai folat. Ternyata Vitamin B, terutama B6 dan folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan," papar Dokter Juwalita.

3. Mempercepat penyerapan obat

Terkait manfaat air kelapa, sebuah penelitian dilakukan Manisha DebMandal dari KPC Medical College and Hospital, Kolkata India dan Shymapada Mandal dari Departement of Zoology, Gurudas Collage Kolkata India menemukan manfaat air kelapa memang mempercepat penyerapan obat dan mempermudah obat itu mencapai tingkat konsentrasi puncak dalam darah karena efek elektrolit yang dimilikinya.

4. Sumber vitamin B

Manfaat air kelapa yang tidak tanggung-tanggung, selain berperan sebagai sistem imun, air kelapa pun mengandung sumber vitamin B yang diperlukan oleh tubuh.

"Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B mereka. Kebetulan vitamin B itu memang banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh, jadi reaksi kimia di dalam tubuh itu banyak didukung oleh vitamin B," ujar Dokter Juwalita.

Mengonsumsi air kelapa merupakan hal positif, karena manfaat air kelapa yang melimpah. Tetapi perlu diingat, mengonsumsi air kelapa tidak memenuhi nutrisi dari makanan lain, oleh karena itu harus diiringi dengan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.



Simak Video "Campuran Air Kelapa dan Garam Diklaim Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)