Rabu, 14 Jul 2021 17:35 WIB

Pakai Mobile JKN, Dokter Ini Sebut Layanan Konsultasi Tetap Optimal

Jihaan Khoirunnisaa - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional atau biasa disingkat Mobile JKN yang dikembangkan BPJS Kesehatan dinilai memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS untuk berkonsultasi dengan dokter secara online. Terutama di tengah situasi pandemi COVID-19 yang hingga kini belum usai.

drg. Endang yang merupakan seorang pelaku tenaga medis mengatakan berkat kehadiran aplikasi Mobile JKN kini pasien memiliki inisiatif sendiri untuk melakukan konsultasi kesehatan.

"Sekarang ini peserta memiliki rasa cemas untuk datang langsung ke FKTP (fasilitas Kesehatan tingkat pertama) meskipun hanya konsultasi menyampaikan keluhan. Untungnya pasien ada inisiatif sendiri untuk menghubungi saya melalui WhatsApp maupun melalui Mobile JKN," ujar drg. Endang dalam keterangan tertulis, Rabu (14/7/2021).

drg. Endang menilai aplikasi Mobile JKN membuat layanan konsultasi kesehatan menjadi lebih efektif. Dia menyebut hasil yang didapat tetap optimal, meski konsultasi tidak dilakukan secara langsung. Meski begitu, menurutnya tidak semua pasien bisa memanfaatkan aplikasi tersebut, karena beberapa ada yang sudah berumur dan tidak memiliki smartphone.

"Senang karena mendapat fasilitas untuk selalu dapat melayani pasien dengan optimal melalui kontak tidak langsung meskipun berada di kondisi pandemi seperti ini," katanya.

Lebih lanjut dia menyampaikan kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan sejatinya merupakan harapan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu dia mendorong agar layanan BPJS Kesehatan semakin baik di masa depan. Dengan begitu, pandemi tidak lagi menghambat layanan dari tenaga medis dengan pasien. Selain itu, pasien juga tetap mendapatkan pelayanan optimal meski tanpa kontak secara langsung.

"Terakhir, saya berharap agar kemudahan mengakses fasilitas kesehatan seperti ini menjadi program pemerintah yang diurus oleh BPJS Kesehatan akan semakin baik ke depannya,'' pungkasnya.



Simak Video "Kemenkes Tegaskan Vaksin Gratis Tanpa Syarat!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)