Kamis, 15 Jul 2021 09:52 WIB

Luhut Bicara Worst Case COVID-19 di RI, 'Mungkin Sampai 100 Ribu' Sehari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Kasus Corona di Indonesia mencetak rekor penambahan 54 ribu dalam sehari. Angka ini disebut akan bertambah lebih banyak ke depannya.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan skenario terburuk pandemi di Indonesia bisa menyentuh angka 100 ribu kasus. Namun ia menyebut tetap optimis kasus akan terkendali.

"Kalau kita bicara worst case scenario, untuk 60 ribu atau lebih, kita masih cukup oke. Kita tidak berharap sampai 100 ribu, tapi kami sudah rancang sekarang kalau terjadi sampai di sana," kata Luhut dalam konfernsi pers virtual, Kamis (13/7/2021).

Mengantisipasi lonjakan kasus, Luhut mengatakan telah mengatur suplai obat, rumah sakit, oksigen, sampai tenaga kesehatan sehingga pandemi di Indonesia tetap bisa terkendali. Ia mengatakan ada beberapa obat yang didatangkan dari luar negeri di antaranya Remdesivir dan Favipavir.

Salah satu strategi yang dilakukan untuk menekan angka keterisian rumah sakit adalah membuat program paket pembagian obat COVID-19 gratis untuk pasien Corona yang sedang isolasi mandiri. Target sasaran prioritas adalah masyarakat miskin yang terinfeksi COVID-19 dengan gejala OTG dan ringan. Selain obat, pasien isoman juga diberikan oksigen konsentrator.

"Kita ingin supaya sebisa mungkin jangan sampai ke sedang dan berat sehingga oksigen bisa kita hemat," ujar Luhut.

(kna/up)