Jumat, 16 Jul 2021 10:33 WIB

Daftar Efektivitas 5 Vaksin COVID-19 yang Dipakai di RI, Sinovac-Pfizer

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Informasi Vaksin COVID-19 Jakarta Barat Terkini, Sudah Tahu? Foto: Andika Prasetya
Jakarta -

Sejak Januari 2021 lalu, program vaksinasi COVID-19 masih terus berjalan hingga hari ini. Tak hanya masyarakat usia 18 tahun ke atas, anak-anak usia 12-17 tahun juga sudah mulai divaksinasi.

Sampai saat ini, ada lima jenis vaksin COVID-19 yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Lima vaksin tersebut yaitu Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, dan yang terakhir Pfizer.

Lalu, seberapa besar sih efektivitas vaksin-vaksin tersebut?

1. Sinovac

Vaksin COVID-19 yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah vaksin Sinovac. Vaksin besutan perusahaan China, Sinovac, ini telah mendapatkan EUA dari BPOM sejak 11 Januari 2021 lalu.

Berdasarkan pernyataan BPOM, efektivitas atau tingkat kemanjuran vaksin Corona ini terhadap virus Corona mencapai 65,3 persen.

2. AstraZeneca

Vaksin kedua yang mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM adalah vaksin AstraZeneca hasil pengembangan Oxford University, pada 9 Maret 2021.

Berdasarkan keterangan BPOM, efikasi vaksin AstraZeneca dengan dua dosis standar, terhitung sejak 15 hari pemberian dosis kedua vaksin hingga pemantauan sekitar dua bulan menunjukkan efektivitas sebesar 62,1 persen.

3. Sinopharm

Vaksin Corona ketiga yang masuk ke Indonesia adalah vaksin Sinopharm, yang diproduksi perusahaan Bio-Institute Biological Product Co., asal Beijing. Ini menjadi vaksin besutan China kedua yang digunakan di Indonesia.

Berdasarkan keterangan BPOM, vaksin Sinopharm memiliki efikasi sebesar 78 persen. Ini didapatkan dari hasil uji klinis fase III di Uni Emirat Arab yang melibatkan lebih dari 42.000 subjek.

EUA untuk vaksin Sinopharm ini telah diberikan sejak 30 April 2021 lalu. Dalam penjelasannya, BPOM menyebut imunogenitas setelah 14 hari pasca divaksin Sinopharm dosis kedua didapatkan cukup besar di usia dewasa, hingga mencapai 99,52 persen dan lansia 100 persen.

Bagaimana dengan vaksin Moderna dan Pfizer? Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Epidemiolog Jelaskan soal Heboh Turunnya Efikasi Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]