Minggu, 18 Jul 2021 14:41 WIB

Tak Ada yang Pakai Masker di Wimbledon 2021? Ini Faktanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
LONDON, ENGLAND - JUNE 28: The Royal Box stands and applauds University of Oxford Professor Sarah Gilbert (seated in red, bottom right) one of the people behind the Astra Zeneca COVID-19 vaccine ahead of the opening match on Centre Court during Day One of The Championships - Wimbledon 2021 at All England Lawn Tennis and Croquet Club on June 28, 2021 in London, England. (Photo by AELTC/Joe Toth-Pool/Getty Images) Foto: AELTC/Joe Toth-Pool/Getty Images.
Jakarta -

Ajang turnamen tenis terkemuka di London, Wimbledon, tahun ini tak hanya mengapresiasi para atlet tetapi juga ilmuwan yang membantu penanganan pandemi COVID-19. Para penonton memberikan standing ovation kepada salah satu peneliti AstraZeneca, Dame Sarah Gilbert, atas kontribusinya dalam menciptakan vaksin COVID-19.

Dikutip dari laman Sky News, panitia Wimbledon tahun ini menyediakan 100 tiket harian gratis yang diperuntukkan untuk sosok berjasa selama pandemi COVID-19. Mereka ditempatkan di kursi terbaik yakni Centre Courte dan Courte One.

Sarah Gilbert dinilai sebagai sosok berjasa yang membuat warga Inggris akhirnya bisa menyaksikan pertandingan olahraga mulai dari Euro 2020 hingga Wimbledon.

Ajang Wimbledon ini juga jadi sorotan, terlebih beredar foto tak ada yang memakai masker saat menonton pertandingan. Tak terkecuali Sarah Gilbert. Bagaimana faktanya?

Sebelum menyelenggarakan turnamen ini, pihak penyelenggara memastikan semua penonton mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Fans dapat menghadiri Wimbledon 2021, tetapi mereka harus memastikan bahwa mereka mengikuti pedoman ketat untuk diizinkan masuk ke stadion karena keadaan pandemi COVID-19.

Stadion Wimbledon memiliki 14.947 kursi. Namun, tidak akan terisi penuh. Pada hari pertama turnamen, stadion hanya mengizinkan setengah dari kapasitas normalnya.

Para penonton diwajibkan mengenakan masker dan menunjukkan bukti telah divaksinasi penuh. Mereka juga harus menyertakan bukti PCR negatif yang diambil dalam 48 jam sebelum kedatangan.

Penonton boleh melepas masker saat pertandingan sedang ditonton, tapi hanya berlaku di kursi mereka saja. Jika meninggalkan tempat, masker tetap wajib digunakan.

Hand sanitizer disiapkan di tiap sudut yang terlihat dan orang-orang wajib memakai masker saat berjalan-jalan. Pihak penyelenggara mengambil tindakan pencegahan ini untuk memastikan turnamen berjalan dengan aman.

Vaksinasi di Inggris berjalan cepat

Salah satu alasan warga Inggris boleh melepas masker saat nonton turnamen Wimbledon adalah cakupan vaksinasinya yang cukup tinggi. Dikutip dari situs resmi vaksinasi Inggris, sudah lebih dari 81 juta dosis vaksin COVID-19 yang diberikan untuk masyarakat.

Sebanyak 46 juta orang telah menerima dosis pertama dan 35 juta lainnya sudah disuntikkan dosis kedua vaksin COVID-19. Diperkirakan sekitar 56 persen warga Inggris telah menerima dua dosis vaksin. Jenis vaksin COVID-19 yang dipakai di Inggris antara lain AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer.



Simak Video "Satgas soal Tindak Lanjut Pada Penerima Vaksin AstraZeneca CTMAV547"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)