Senin, 19 Jul 2021 13:42 WIB

Kru Kapal Perang Korsel Terinfeksi COVID-19, Puluhan Orang Dievakuasi

Firdaus Anwar - detikHealth
Transferring a patient from the emergency area into the ICU Foto: Getty Images/Tempura
Jakarta -

Hampir seluruh kru kapal perang Korea Selatan (Korsel) yang sedang menjalankan misi di Afrika terinfeksi COVID-19. Menurut laporan kantor berita Yonhap, sebanyak 247 dari 301 pelaut di unit kapal Cheonghae dilaporkan positif.

Kepala Staf Gabungan Korsel menyebut kejadian ini sebagai kluster COVID-19 terbesar di lingkungan militer. Bermula ketika seminggu yang lalu ada enam personil terdeteksi positif, diduga tertular setelah kapal berhenti di salah satu pelabuhan Afrika untuk mengisi suplai.

Seluruh awak kapal belum mendapatkan vaksinasi. Ini karena mereka menjalankan misi sebelum dimulainya program vaksin di Korsel.

Sebagian besar kru menjalani isolasi di atas kapal, namun 16 individu yang membutuhkan perawatan medis dievakuasi lewat jalur udara.

"Kami akan mengkaji dan memberikan panduan terkait manajemen tentara di luar negeri, termasuk di dalamnya bagaimana menghadapi penyakit menular," komentar Kementerian Pertahanan Korsel seperti dikutip dari Al-Jazeera, Senin (19/7/2021).

Sementara itu unit kapal Cheonghae akan dipulangkan setelah pergantian kru. Kru lama akan diganti dan dipulangkan dengan pesawat.



Simak Video "Korea Selatan Waspadai Gelombang Keempat COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)