Selasa, 20 Jul 2021 09:00 WIB

Panduan Aman Menyusui bagi Ibu yang Positif COVID-19

Jihaan Khoirunnisaa - detikHealth
Ibu menyusui Foto: iStock
Jakarta -

Di masa pandemi, pemberian ASI pada bayi seringkali dipertanyakan. Tidak sedikit orang yang khawatir ibu positif COVID-19 yang menyusui bayi akan menularkan virus melalui ASI.

Padahal sebetulnya COVID-19 bukan penghalang bagi seorang ibu untuk memberikan ASI untuk anak. Hanya saja ada syarat yang mesti dipenuhi, salah satunya ibu yang terkonfirmasi positif COVID-19 bisa tetap menyusui asalkan tidak mengalami gejala yang berat.

Tidak hanya itu, seorang ibu juga harus memperhatikan protokol kesehatan (prokes) selama memberikan ASI. Mengutip dari laman covid19.go.id, pada saat menyusui dan merawat bayi ibu harus selalu memakai masker. Kemudian, sebelum dan sesudah memegang bayi, seorang ibu wajib membersihkan tangan dengan sabun.

Selain itu, bersihkan permukaan benda yang sering disentuh menggunakan cairan desinfektan, terutama barang-barang kebutuhan anak. Namun, apabila seorang ibu merasa tidak sanggup untuk menyusui secara langsung karena satu dan lain hal, tidak perlu khawatir. Sebab, masih dapat memberikan ASI perah atau ASIP pada bayi dengan panduan sebagai berikut:

1. Pastikan kebersihan saat memerah ASI

2. Gunakan cangkir bermulut lebar saat memberikan ASIP pada bayi

3. Gunakan wadah tertutup untuk menyimpan ASIP

4. Simpanlah ASIP dengan ketentuan berikut:

  • Suhu kamar selama 3-4 jam.
  • ASIP dengan ice pack dapat bertahan selama 24 jam.
  • Simpan ASIP di lemari pendingin dengan suhu 4-5 derajat celcius, dan dapat bertahan selama 3 sampai 4 hari.
  • Freezer dengan suhu (-18 derajat sampai dengan -20 derajat), ASI dapat bertahan selama 4 bulan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, ibu positif COVID-19 tetap dapat meng-ASIhi bayi. Apalagi mengingat ASI merupakan nutrisi penting yang tak tergantikan demi mendukung tumbuh kembang anak.



Simak Video "Ibu Positif Covid-19 Bisa Tetap Menyusui, Ini yang Harus Diperhatikan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)