Rabu, 21 Jul 2021 05:00 WIB

Round Up

Testing COVID-19 RI Turun, Ada Apa? Ini Kata Satgas

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tenaga kesehatan melakukan tes swab antigen kepada warga di Gg Bahagia, Kel Gerendeng, Kec Karawaci, Tangerang. Upaya ini sebagai tracing atau pelacakan untuk menekan penyebaran COVID-19. Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Menurunnya jumlah konfirmasi positif COVID-19 belakangan ini rupanya dibarengi juga dengan jumlah testing yang cenderung turun. Pada Selasa (20/7/2021), tercatat hanya 179.275 spesimen yang diperiksa.

Dibanding hari sebelumnya yakni 160.686 spesimen, memang lebih tinggi. Namun dibanding pekan lalu yang angkanya di atas 200 ribu, jelas menurun.

Juru bicara satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito tak menampik adanya penurunan tersebut. Menurutnya ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

"Terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan penurunan jumlah spesimen yang diperiksa seperti testing di akhir pekan atau pun delay input yang berasal dari laboratorium ke dalam sistem data," ujarnya dalam konferensi pers BNPB, Selasa (20/7/2021).

"Ke depannya, pemerintah berkomitmen meningkatkan kapasitas 3T secara keseluruhan dengan berkoordinasi serta memfasilitasi pemerintah daerah untuk mencapai targetnya masing-masing sesuai yang telah ditetapkan dalam instruksi Mendagri," pungkas prof Wiku.



Simak Video "Update Corona Global: Kurva Mulai Mendatar, Tapi Kasus Masih Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)