Rabu, 21 Jul 2021 12:01 WIB

Daging Kurban Masih Sisa, Ini Cara Menyimpannya di Kulkas Biar Awet

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Masjid Al Latief Bandung pakai besek untuk bagikan daging kurban Cara menyimpan daging kurban di kulkas. (Foto ilustrasi: Yudha Maulana)
Jakarta -

Perayaan Idul Adha identik dengan pembagian daging kurban. Namun, umumnya daging ini tidak akan habis dalam sekali masak sehingga perlu disimpan.

Menyimpannya pun tidak bisa sembarangan, karena bisa mempengaruhi kualitas dagingnya. Lantas bagaimana cara menyimpan daging kurban?

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan daging kurban di kulkas.

1. Simpan di freezer lebih baik

Apabila daging kurban ingin disimpan dalam waktu yang lama, sebaiknya daging disimpan di freezer. Namun, jika hanya untuk disimpan 1-2 hari, masuk lemari pendingin saja tak akan menjadi masalah.

"Kalau dengan lemari es biasa bisa tiga sampai empat hari. tapi kalau di freezer sepanjang itu frozen bisa sebulan, tiga bulan, empat bulan juga nggak masalah," ucap Prof Dr Ir Purwiyatno Hariyadi, pakar teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam wawancara dengan detikcom sebelumnya.

Meski teksturnya akan sedikit berubah, Prof Purwiyatno mengatakan kualitas daging yang disimpan di dalam freezer tidak akan menurun.

"Jadi produk yang dibekukan, semuanya di freeze. Termasuk penurunan mutu juga di-freeze," jelasnya.

2. Cuci dulu sebelum masuk kulkas

Cara menyimpan daging kurban di kulkas selanjutnya adalah pastikan kondisi daging dalam keadaan bersih. Jika perlu, cuci dulu dagingnya hingga bersih.

Selain itu, pastikan juga kondisi daging tidak busuk, warna dan baunya tidak menunjukkan tanda-tanda mencurigakan.

3. Dipotong jadi beberapa bagian

Apabila hendak menyimpannya di freezer, ada baiknya daging dipotong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian. Pasalnya, ini dapat memudahkan penataan di freezer dan juga menjaga kesegaran dagingnya.

4. Jangan langsung dibekukan

Jika hendak menyimpan daging kurban di freezer, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas. Dinginkan daging selama kurang lebih 6 jam, kemudian baru masukkan ke dalam freezer.

5. Perhatikan kemasan

Terakhir, cara menyimpan daging kurban di kulkas yang perlu diperhatikan adalah kemasannya. Menurut dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Supratikno, MSi, PAVet, dalam wawancara dengan detikcom Mei 2019, daging yang bersih akan tahan selama 2 hari di dalam kulkas jika dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Sedangkan, di dalam freezer akan bertahan hingga 3 bulan.



Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)