Rabu, 21 Jul 2021 13:01 WIB

5 Cara Mengobati Hilang Indra Penciuman Akibat COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Woman pinches nose with fingers looks with disgust away something stinks bad smell isolated on gray background. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/SIphotography)
Jakarta -

Kehilangan indra penciuman atau sering disebut dengan anosmia merupakan gejala yang sering dialami oleh pasien COVID-19. Bagaimana cara mengobati hilang indra penciuman akibat COVID-19?

Dikutip dari laman healthshots, berikut 6 cara mengobati indra penciuman seperti semula.

1. Minyak jarak

Salah satu cara mengobati hilang indra penciuman ialah dengan minyak jarak. Menurut ahli ayuverda, dr Ankita Gupta dari Birla Ayurveda, memasukkan dua tetes minyak jarak hangat setiap lubang hidung.

Hal ini bisa dilakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang baik. Metode ini bermanfaat untuk menghilangkan peradangan.

Selain bisa menghilangkan peradangan, pengobatan ini bisa membantu redakan anosmia yang terjadi pada orang yang positif COVID-19 atau indra penciuman yang hilang.

2. Bawang putih

Terkenal dengan aromanya yang menyengat, bawang putih diklaim bisa menjadi obat untuk menyembuhkan indra penciuman.

Caranya dengan menyiapkan dua hingga tiga potong bawang putih, lalu cincang ke dalam air.

Setelahnya, rebus bahan tersebut sampai matang dan biarkan bahan tersebut dingin, kemudian diminum. Lewat kandungan sifat anti-inflamasi pada senyawa bawang putih, maka diharapkan bisa membantu mengobati hidung yang tersumbat.

3. Lemon

Cara mengobati hilang indra penciuman yang ketiga adalah dengan menambahkan lemon dan madu ke dalam cangkir.

Setelahnya, bisa diminum campuran tersebut untuk mengobati indra penciuman yang hilang. Disebutkan, aroma lemon ini memiliki bau yang sangat kuat, sehingga aroma tersebut sangat ampuh mengobati anosmia.

4. Jahe

Jahe mampu meningkatkan kembali indra penciuman. Caranya, ambil sepotong jahe kupas dan kunyah perlahan. Mulailah untuk mengunyah potongan jahe secara berkala.

Jika tidak bisa mengunyah potongan jahe secara langsung, bisa konsumsi dengan teh jahe. Lakukan ini setiap hari.

"Aroma jahe kuat dan dapat meningkatkan indra penciuman dan rasa," saran dr Gupta

5. Cabai

Cabai rawit atau bubuk cabai dapat menjadi salah satu cara mengobati hilang indra penciuman akibat COVID-19.

Meskipun cara ini belum didukung bukti ilmiah, namun manfaatnya terletak pada bahan kuat yang ada di dalam cabai yaitu capsaicin. Senyawa tersebut dikatakan efektif bisa membersihkan hidung tersumbat, mengaktifkan indra dan meningkatkan fungsi indra penciuman.



Simak Video "Daftar Negara yang Larang Masuk Penerbangan dari Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/fds)