Rabu, 21 Jul 2021 16:57 WIB

Ustaz Yusuf Mansur Masuk RS Akibat Hb Rendah, Apa Kemungkinan Pemicunya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ustaz Yusuf Mansur bicara kedekatannya dengan Jokowi dan Sandiaga Uno Ustaz Yusuf Mansur. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Da'i kondang Ustaz Yusuf Mansur dilarikan ke rumah sakit. Melalui akun Instagramnya, ia menyampaikan harus ke RS lantaran kadar hemoglobin (Hb) dan eritrositnya yang rendah sehingga membutuhkan donor.

"Pagi ini, 21 Juli 2021, dengan izin Allah, HB saya alhamdulillaah 'masih' ada 5. Rendah sangat. Tapi masih idup, hehehe. Eritrosit rendah, zat besi juga rendah. Semua, alhamdulillaah. Dibantu kawan-kawan Pimpinan dan Tim dokter RSPAD yang luar biasa. Pake hati semua. Ini lagi proses transfusi darah (donor darah)," tulis Yusuf Mansur.

Hemoglobin yang rendah bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan vitamin dan mineral tertentu. Salah satu nutrisi yang berperan dalam menghasilkan Hb dalam sel darah merah adalah zat besi. Kekurangan hemoglobin juga kerap kali dikaitkan dengan anemia atau defisiensi zat besi.

Apabila zat besi di dalam tubuh tidak cukup, maka tubuh tidak bisa memproduksi hemoglobin. Faktor lain yang memicu penurunan Hb adalah kehilangan banyak darah, kelainan darah, penyakit kronis, hingga kurang gizi.

Beberapa gejala yang muncul akibat Hb rendah meliputi:

- Perasaan lelah
- Susah bernapas
- Pusing
- Sakit kepala
- Kedinginan
- Lemah
- Wajah pucat

Dalam banyak kasus, istirahat dan perubahan pola makan sudah cukup untuk mengatasi kekurangan hemoglobin atau anemia. Namun, kadang-kadang, seseorang mungkin memerlukan transfusi darah untuk menyelamatkan hidup mereka.

Kebanyakan orang yang mendapatkan transfusi darah tidak mengalami efek samping apapun. Namun, beberapa orang mungkin merasa sakit dan memar saat dokter memasukkan jarum infus ke lengan mereka, sementara yang lain mungkin mengalami demam atau kedinginan. Reaksi alergi, dari yang ringan hingga yang lebih serius, jarang terjadi.

Tonton video: "Istri Ustaz Yusuf Mansur Minta Doa untuk Sang Suami" di sini:

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)