Kamis, 22 Jul 2021 20:45 WIB

Bumil Wajib Hati-hati! Ini Risikonya Kebanyakan Makan Sate Kambing

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Ilustrasi Ibu Hamil Foto: shutterstock
Jakarta -

Sate kambing adalah hidangan yang sering kita jumpai saat idul Adha. Namun, konsumsi sate kambing perlu dibatasi terutama bagi para ibu hamil.

Daging kambing adalah salah satu sumber protein yang tinggi. Daging kambing juga kaya akan zat besi yang bisa menjaga kadar hemoglobin dan membantu pembentukan sel darah merah.

Dikutip dari Mom Juction, zat besi yang terkandung dalam daging kambing mudah diserap tubuh dan dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Di balik manfaatnya, konsumsi daging kambing perlu dibatasi selama masa kehamilan. Terutama jika daging ini dimasak dengan cara dibakar menjadi sate kambing.

Berikut adalah faktor risiko konsumsi sate kambing berlebih bagi ibu hamil.

1. Meningkatkan kolesterol

Daging kambing merupakan sumber asam lemak jenuh. Dikutip dari Healthline, ahli nutrisi dan diet, Peggy Pletcher, M S menyebut asupan asam lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kadar low-density lipoprotein (LDL) atau lebih dikenal sebagai kolesterol jahat.

Kolesterol sebenarnya dapat diproduksi di tubuh kita dan memiliki manfaat. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, kadar kolesterol LDL akan menumpuk di arteri dan bisa menyumbat aliran darah.

"LDL bisa mempersempit arteri dan membatasi aliran darah dari dan ke jantung serta otak. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke," ujar Pletcher.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)