Jumat, 23 Jul 2021 10:29 WIB

Fitur Antrean Online Mobile JKN Solusi Antre Tanpa Ribet di Puskesmas

Inkana Putri - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

BPJS Kesehatan terus berupaya memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satunya dengan menghadirkan fitur antrean online di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Adapun hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Melalui fitur ini, peserta yang ingin berobat di FKTP yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dapat mengakses dan mengambil antrean secara online di aplikasi Mobile JKN.

Kepala Puskesmas Lamuru Kabupaten Bone, Jumiati pun mengakui kemudahan dalam mengakses layanan JKN-KIS melalui antrean online di aplikasi Mobile JKN.

"Alhamdulillah adanya antrean online ini dapat membantu memudahkan kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Mulai dari peserta saat mengambil antrean, sehingga tidak terjadi penumpukan di Puskesmas dan juga dalam kondisi pandemi seperti ini sangat bermanfaat untuk dapat menghindari kerumunan," ujar Jumiati dalam keterangan tertulis, Jumat (23/7/2021).

Di samping itu, ia juga mengungkapkan fitur ini membuat peserta merasa nyaman saat ingin berobat. Pasalnya, mereka dapat memantau nomor antrean dari aplikasi.

"Melalui layar monitor yang terpampang pada Puskesmas, peserta JKN-KIS juga dapat langsung memantau nomor antreannya dari rumah. Tentu saja peserta yang tersebut bisa dapat segera mendatangi fasilitas kesehatan ketika nomor antreannya sudah mendekati untuk dipanggil," paparnya.

Jumiati pun berharap aplikasi sistem antrean online tersebut dapat terus dikembangkan dan disempurnakan. Ia juga berharap agar sistem ini ke depannya dapat diterapkan di seluruh FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dengan demikian, peserta JKN-KIS akan semakin banyak yang terbantu.

"Jangan lupa mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk memudahkan dalam mengakses pelayanan Program JKN-KIS. Aplikasi ini sangat banyak manfaatnya," pesannya

(mul/up)