Sabtu, 24 Jul 2021 14:46 WIB

Ini Apotek yang Viral 'Di-sidak' Jokowi, Tak Punya Stok Oseltamivir

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Apotek Villa Duta mendadak viral usai disambangi Presiden Joko Widodo saat mencari stok obat antivirus Oseltamivir hingga Azithromycin. Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth
Jakarta -

Salah satu apotek di Bogor, Jawa Barat, Apotek Villa Duta, mendadak viral usai didatangi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (23/7/2021) kemarin. Orang nomor satu di Indonesia itu menanyakan ketersediaan obat terapi COVID-19, seperti Oseltamivir, Favipiravir dan Azithromycin, namun sebagian besar kosong.

"Saya mau ini, mau cari obat antivirus yang Oseltamivir," tanya Jokowi.

Terkait hal ini, tim detikHealth pun langsung menyambangi apotek tersebut di kawasan Kecamatan Bogor Timur, Jalan Padjajaran Indah.

Menurut apoteker yang melayani Jokowi, Herli, Oseltamivir dan obat-obatan untuk terapi COVID-19 memang sedang kosong sejak sebulan terakhir.

"Masih kosong tiga-tiganya. Kurang lebih hampir satu bulan," kata Herli saat ditemui detikHealth, Sabtu (24/7/2021).

"Kita sih sudah minta ke PBF (pedagang besar farmasi) cuma belum dikirim," lanjutnya.

Apotek Villa Duta mendadak viral usai disambangi Presiden Joko Widodo saat mencari stok obat antivirus Oseltamivir hingga Azithromycin.Apotek Villa Duta mendadak viral usai disambangi Presiden Joko Widodo saat mencari stok obat antivirus Oseltamivir hingga Azithromycin. Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth

Maka dari itu, Herli berharap dalam waktu dekat obat-obatan ini bisa kembali tersedia. Pasalnya, ia merasa tidak tega jika ada pasien yang sudah mengantre lama dan mencari ke berbagai apotek, namun tak kunjung mendapatkan obatnya.

"Harapannya semua apotek sama ya, kita bisa dapat suplai obat dari distributor atau PBF ya, karena kita melayani pasien-pasien itu kasihan kalau mereka tidak mendapatkan obat," harapnya.

"Ketersediaannya tolong dipenuhi saja," tuturnya.

Berdasarkan pantauan detikHealth, Apotek Villa Duta cukup ramai dikunjungi pasien. Namun, tak semua di antara mereka mencari obat terapi COVID-19, seperti Oseltamivir dan Azithromycin, atau multivitamin.

"Nyari obat asam urat sama kolesterol saja," ucap Elfi (33), salah satu pengunjung apotek.



Simak Video "Alasan Badan Obat AS Belum Restui Ivermectin Dipakai untuk Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)