Minggu, 25 Jul 2021 07:19 WIB

Kabar Duka, Sudah Lebih 82 Ribu Warga Indonesia yang Meninggal karena COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wajar bila Indonesia dijuluki sebagai episentrum Corona Dunia. Sepekan terakhir tercatat sempat menduduki posisi pertama kasus harian-kematian Corona tertinggi. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Kasus harian kematian COVID-19 di Indonesia masih terus mencatat angka di atas seribu setiap harinya. Per Sabtu (24/7/2021), kasus baru kematian menyentuh 1.415 orang.

Penambahan ini menjadikan total kasus kematian COVID-19 di Indonesia mencapai 82.013 orang. Kasus kematian terbanyak terjadi di Provinsi Jawa Timur dengan total kematian 17.840, disusul Jawa Tengah dengan 16.550 kasus.

Kementerian Kesehatan RI mengatakan kenaikan kasus kematian ini terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah perbaikan pencatatan pelaporan di tiap daerah.

"(Kenaikan kasus-red) seiring dengan perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan serta perbaikan pada laporan kematian yang sebelumnya tidak dilaporkan," kata juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyoroti terjadinya lonjakan infeksi COVID-19 dan kematian yang terjadi di Tanah Air. Menurut WHO, kebijakan pembatasan pergerakan dan pencegahan Corona perlu ditingkatkan segera setelah terjadi lonjakan kasus.

Implementasi pembatasan yang lambat atau tertunda sayangnya seringkali menyebabkan peningkatan morbiditas dan mortalitas.

Kabar baiknya, kasus pasien sembuh makin menunjukkan tren peningkatan. Secara total, kasus sembuh di Indonesia menjadi 2.471.678 pasien.



Simak Video " Kata Epidemiolog soal Dihapusnya Angka Kematian untuk Indikator PPKM "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)