Minggu, 25 Jul 2021 18:31 WIB

Kok Booster Vaksin Corona Nakes RI Tak Pakai Sinovac? Ahli Ungkap Alasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksinasi COVID-19 terus digencarkan meski di tengah pemberlakuan PPKM Darurat. Hingga saat ini sudah lebih dari 42 juta warga Indonesia disuntik vaksin Corona. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah telah memulai penyuntikan booster vaksin Corona atau vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan dengan menggunakan vaksin Moderna. Pemberian vaksin Corona dosis ketiga ini diharapkan bisa lebih melindungi nakes dari paparan virus Corona.

Vaksin Moderna berbasis mRNA dipilih sebagai booster bagi para nakes untuk memicu respons tubuh agar lebih kuat melawan varian Corona. Ada alasan tersendiri vaksin Moderna dipilih jadi booster vaksin Corona untuk nakes.

Prof Samsuridjal mengatakan jika tidak ada mutasi, maka penguat atau boosternya cukup dengan vaksin jenis yang sama. Namun karena adanya varian baru yang penularannya lebih cepat, maka ada langkah lain yang harus diambil agar nakes lebih terlindungi.

"Dengan adanya varian baru, terutama tadi juga sudah ditemukan varian Delta, maka kita berharap booster ini sekaligus memproteksi terhadap varian Delta," kata Guru Besar Tetap Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD, dalam webinar daring, Jumat (23/7/2021).

Bukan berarti vaksin Sinovac yang digunakan tidak memberi perlindungan. Kalau diberikan vaksin Sinovac, antibodi terhadap suntikan booster itu akan tinggi, bisa 10 atau lebih dari 10 kali lipat.

Hanya saja, antibodi yang terbentuk adalah antibodi terhadap varian pertama yang muncul di Wuhan dan belum bermutasi. Jika dibandingkan dengan vaksin Corona berbasis mRNA, efikasinya memang lebih tinggi dibandingkan vaksin berbasis inactivated virus.

"Karena itulah kita memilih untuk boosternya adalah platform yang berbeda dan kebetulan yang tersedia adalah Moderna," pungkas Prof Samsuridjal.



Simak Video "Vaksin Moderna untuk Booster Nakes akan Diterima Pekan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)