Minggu, 25 Jul 2021 19:29 WIB

Jokowi Ingatkan Kemungkinan Varian COVID-19 Lain yang Lebih Menular

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Presiden Jokowi ratas soal PPKM Darurat Foto: Biro Pers - Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021, dengan beberapa pelonggaran. Selain menyinggung varian Delta yang sangat menular, Jokowi juga mengingatkan kemungkinan ada varian lain lagi.

"Kita harus selalu waspada ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular," pesan Jokowi dalam siaran pers, Minggu (25/7/2021).

"Oleh karena itu saya memerintahkan testing tracing bisa ditingkatkan lebih tinggi dan respons treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan," lanjutnya.

Jokowi mengingatkan, protokol kesehatan yang ketat dan 3T (testing, tracing, dan treatment) bakal jadi pilar utama penanganan COVID-19 ke depan.

Beberapa pelonggaran yang berlaku dalam perpanjangan PPKM level 4 adalah memperbolehkan pasar rakyat buka seperti biasa. Sementara pasar yang menjual selain kebutuhan pokok boleh buka dengan kapasitas 50 persen hingga pukul 15.00 WIB.

"Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 21," terang Jokowi.



Simak Video "Jumlah Virus Varian Delta 1620 Kali Lebih Tinggi dari Varian Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)