Senin, 26 Jul 2021 17:49 WIB

4 Tips Mengencangkan Payudara Kendur Bagi Ibu Menyusui

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Ibu menyusui Foto: iStock
Jakarta -

Saat menyusui, wanita akan mengalami beberapa perubahan pada payudara. Salah satunya adalah bentuk payudara yang membesar dan mengendur.

Payudara kendur menjadi hal yang dihindari oleh banyak wanita. Wanita mungkin ingin mengembalikan kepercayaan diri dengan mengencangkan payudara.

Melansir dari laman ParentingFirst, banyak orang yang beranggapan payudara menjadi kendur karena menyusui. Namun, itu tidak benar. Lebih tepatnya, masa akhir kehamilan yang menyebabkan payudara mulai kendur.

Saat kehamilan, badan wanita termasuk payudara akan membesar. Namun di akhir masa kehamilan, berat badan akan kembali menyusut, begitu pula dengan payudara.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengencangkan payudara.

1. Mandi air hangat

Mandilah secara bergantian dengan air hangat dan dingin, tetapi jangan setiap hari.

Kuncinya adalah mengubah suhu air saat mandi. Ini adalah teknik sederhana agar dapat meningkatkan kekencangan payudara secara bertahap.

Menggunakan teknik bergantian air panas dan dingin terus menerus selama mandi dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar payudara sehingga lama kelamaan akan semakin kencang.

Namun, teknik ini hanya akan memiliki efek sementara dan tidak akan membentuk kembali payudara kencang secara permanen.

2. Pakai bra yang tepat dan perbaiki postur tubuh

Payudara kendur adalah hal yang paling dirasakan oleh sebagian besar perempuan hamil setelah menyapih anak mereka dari menyusui.

Hal yang perlu diperhatikan untuk membantu mengencangkan kembali payudara kendur adalah dengan menggunakan bra yang tepat dan menahan postur tubuh dengan benar.

Gantilah bra lama dengan yang lebih baru, atau bahkan memilih bra olahraga untuk mendapatkan dukungan dan bentuk yang lebih baik.

Selanjutnya, saat wanita menggendong anak terus-menerus untuk menyusu, postur tubuh bisa berubah sehingga sedikit membungkuk ke depan.

Untuk itu, perbaiki postur tubuh dan juga teknik menyusui sehingga payudara bisa kembali kencang.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Bra Memicu Kanker dan Bikin Kendur?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)