Selasa, 27 Jul 2021 08:01 WIB

20 Menit Dianggap Terlalu Cepat, Berapa Sih Waktu Ideal untuk Makan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Meski PPKM diperpanjang ada sejumlah aturan yang dilonggarkan. Salah satunya memperbolehkan warung makan untuk buka dan layani makan di tempat selama 20 menit. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Aturan terbaru PPKM level 4 mengizinkan makan di warung makan atau warteg selama maksimal 20 menit. Waktu makan 20 menit menuai perdebatan di media sosial karena dianggap terlalu singkat.

Sebenarnya berapa lama sih waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk makan?

Secara mengejutkan, menurut penelitian dibutuhkan sekitar 20 menit dari saat Anda mulai makan agar otak bisa mengirimkan sinyal kenyang. Makan dengan santai memungkinkan waktu yang cukup untuk memicu sinyal dari otak bahwa Anda sudah kenyang, dan merasa kenyang berarti makan lebih sedikit.

Sebuah studi berjudul 'Does Slower Eating Rate Reduce Food Intake? Results of an Empirical Test', memaparkan orang yang makan dengan kecepatan lambat cenderung akan mudah kenyang, dan biasanya terjadi di menit ke-20.

"Sinyal kenyang diproses sekitar 20 menit setelah gigitan pertama, tetapi jika kamu merasa kenyang sebelum ini, kemungkinan perut kamu telah mencapai kapasitasnya," ucap Purtell, dikutip dari Livestrong.

Hanya saja, ukuran lama waktu yang dihabiskan seseorang untuk makan tidak bisa disamakan. Lama waktu yang dibutuhkan untuk makan akan tergantung dari porsi makanan, jenis makanan, kepadatan makanan, dan kondisi fisik seseorang.

Seseorang juga harus makan dalam keadaan tenang dan tidak terburu-buru. Sebab, makan terlalu cepat kaan membuat sistem pencernaan bekerja lebih ekstra dan berisiko tersedak.

Kalau detikers sendiri, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk makan? Lebih dari 20 menit atau kurang? Tulis di kolom komentar ya!



Simak Video "Kata Ahli Gizi Soal Aturan Makan Dibatasi Hanya 20 Menit"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)