Selasa, 27 Jul 2021 18:45 WIB

Fakta-fakta Diare Akibat COVID-19, Gejala Corona yang Kerap Terabaikan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
fat boy suffer stomach and sit in toilet, diarrhea constipation and health concept Foto: Istock
Jakarta -

Virus Corona tak hanya mempengaruhi sistem pernapasan, tetapi juga bisa menyebabkan diare COVID-19. Artinya, virus tersebut juga menyerang sistem pencernaan dan menimbulkan gejala gastrointestinal.

Dampak COVID-19 pada sistem pencernaan mulai muncul seiring dengan semakin banyaknya pasien yang mengalami gejala gastrointestinal ini. Misalnya seperti mual, nafsu makan berkurang, dan diare COVID-19.

Seberapa umum gejala diare COVID-19 terjadi?

Para peneliti di Stanford University menemukan bahwa sepertiga pasien COVID-19 Yang ringan memiliki gejala gastrointestinal. Selain itu, studi terbaru di Beijing juga menemukan 3 dari 79 persen pasien COVID-19 mengalami gejala tersebut.

Studi lainnya yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology memeriksa 206 pasien dengan kasus COVID-19 ringan. Hasilnya, mereka menemukan 48 orang hanya memiliki gejala pencernaan, sedangkan 69 lainnya mengalami gejala pencernaan dan pernapasan.

Dikutip dari Healthline, dari total 117 orang dengan gangguan lambung, 19,4 persen mengalami diare COVID-19 sebagai gejala pertama mereka.

Apa mungkin diare COVID-19 muncul tanpa gejala demam?

Beberapa orang mungkin mengalami diare tanpa gejala mirip flu, misalnya demma. Diare ini bisa menjadi gejala awal dari COVID-19.

Pada beberapa kasus, gejala mirip flu kemungkinan muncul setelah diare COVID-19 terjadi. Beberapa orang mungkin hanya mengalami gejala gastrointestinal tanpa mengembangkan gejala Corona yang lebih umum.

Bagaimana kaitan antara COVID-19 dan gejala gastrointestinal?

Penelitian menunjukkan bahwa virus Corona bisa memasuki sistem pencernaan melalui reseptor permukaan sel untuk enzim yang disebut angiotensin converting enzyme 2 (ACE2). Reseptor untuk enzim ini 100 kali lebih umum di saluran pencernaan dibandingkan saluran pernapasan.

Apa yang harus dilakukan jika gejala gastrointestinal seperti diare COVID-19 muncul?

Selain COVID-19, gejala gastrointestinal seperti diare, kehilangan nafsu makan, atau mual penyebabnya bisa beragam. Jika seseorang mengalami salah satu dari gejala ini, belum tentu terinfeksi COVID, tetapi merupakan tanda peringatan dini.

Jika mengalami diare COVID-19 atau gejala gastrointestinal lainnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:

  • Tetap terhidrasi
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengganggu perut
  • Beristirahat sebanyak mungkin



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)