Minggu, 04 Jul 2021 20:30 WIB

5 Tanda Seseorang Diam-diam Pernah Terinfeksi Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render Ilustrasi virus Corona. (Foto: Getty Images/BlackJack3D)
Jakarta -

Di tengah lonjakan kasus COVID-19 saat ini, masyarakat semakin waspada terhadap gejala-gejala yang muncul. Misalnya seperti demam, batuk, hingga bersin-bersin. Tetapi, tak jarang banyak juga orang yang tidak mengalami gejala atau asimtomatik, sehingga tidak pernah tahu dirinya terinfeksi COVID-19 dan pulih dengan sendirinya.

"Kami semua menyadari gejala utama virus Corona adalah demam tinggi dan batuk kering. Tapi, sebanyak 80 persen pasien COVID-19 memiliki gejala ringan atau tidak memilikinya (gejala) sama sekali," jelas ilmuwan bernama Dr Dominic Pimenta yang dikutip dari Daily Star.

"Ketika gejala benar-benar terjadi, demam dan batuk masing-masing muncul pada sekitar 50-60 persen pasien," lanjutnya.

Tak hanya itu, yang lebih mengkhawatirkan jika seseorang tertular COVID-19 lebih dari satu kali. Akibatnya, orang tersebut bisa sakit lagi, baik setelah didiagnosis oleh dokter maupun hanya praduga karena mengalami gejala yang ringan.

Namun, ada beberapa tanda yang bisa dikenali jika seseorang pernah terinfeksi COVID-19, meski tidak menyadarinya. Berikut tanda-tandanya.

1. Sakit kepala

Sakit kepala bisa terjadi karena berbagai penyebab. Hal ini membuat seseorang sulit untuk membedakan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala akibat COVID-19.

Ternyata sakit kepala ini juga bisa menjadi salah satu tanda atau gejala seseorang saat terinfeksi virus Corona. Sebanyak 70 persen pasien Corona mengaku mengalami sakit kepala sebagai salah satu gejalanya.

2. Sakit tenggorokan

Biasanya, suara seseorang yang terdengar parau disebabkan karena kelelahan atau terkena flu. Tapi, suara yang parau akibat sakit tenggorokan ternyata juga bisa disebabkan karena infeksi COVID-19. Tanda ini juga dialami lebih dari 52,2 persen pasien COVID-19 sebagai gejala awalnya.

3. Kelelahan

Penyebab kelelahan bisa bermacam-macam, misalnya karena bekerja atau beraktivitas yang memang membutuhkan tenaga yang ekstra. Tetapi, jika seseorang mengalami kelelahan hingga seminggu atau lebih, bisa jadi orang tersebut terinfeksi COVID-19. Sebanyak 60 persen pasien COVID-19 mengaku merasa kelelahan pasca terinfeksi virus Corona.

4. Anosmia

Kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa (anosmia) saat ini juga cukup banyak dialami oleh pasien COVID-19. Untuk itu, jika pernah atau sedang mengalami gejala ini, segera lakukan tes COVID-19 dan isolasi untuk mengetahui keberadaan virus Corona di dalam tubuh.

5. Masalah pencernaan

Tak hanya pada bagian sistem pernapasan saja, tanda atau gejala COVID-19 juga bisa terjadi pada sistem pencernaan. Saat tubuh terpapar virus Corona, seseorang bisa mengalami diare, mual, hingga muntah. Jika tanda ini muncul bersamaan dengan batuk, sesak napas, dan demam, disarankan untuk segera melakukan tes COVID-19.



Simak Video "Informasi Terkini Seputar Gejala Covid-19 yang Ditimbulkan Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)