Rabu, 28 Jul 2021 20:00 WIB

Selebgram Diduga Terima Vaksin Ketiga Viral, Kemenkes Cek ke Dinkes DKI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
The hands in blue glove of the scientist hold the processor Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon77
Jakarta -

Belum lama ini, viral di media sosial selebgram yang diduga mendapat vaksinasi booster atau vaksinasi ketiga. Meski tidak disebutkan jelas vaksin COVID-19 apa yang diterima, pelaksanaan vaksinasi booster diketahui hanya dilakukan pemerintah untuk 1,47 tenaga kesehatan menggunakan vaksin Moderna.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan, masyarakat belum perlu mendapat vaksinasi booster. dr Nadia menyebut pemerintah fokus mempercepat vaksinasi dosis pertama dan vaksinasi dosis kedua.

"Kepada umum sampai saat ini tidak kita berikan ya, selain itu, penurunan (antibodi) terjadi, tapi (vaksin Sinovac) masih efektif sampai saat ini," jelas dr Nadia kepada detikcom Rabu (28/7/2021).

"Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri tetap merekomendasikan untuk percepatan vaksinasi yang mendapatkan dosis 1 dan 2 di tengah keterbatasan vaksin, dibandingkan pemberian vaksin ketiga," sambung dr Nadia.

dr Nadia meyakini percepatan pemberian vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua lebih efektif menekan kasus COVID-19.

"Karena semakin banyak orang yang telah mendapatkan vaksin lengkap dua dosis maka laju penularan dan pandemi dapat dikendalikan," kata dr Nadia.

Menanggapi viral dugaan selebgram divaksinasi dosis ketiga, dr Nadia mengaku tengah memeriksa lebih lanjut kepastian tersebut, kepada pihak DKI Jakarta, dalam hal ini dinas kesehatan setempat.

"Belum. Masih dicek ke (Dinkes) DKI ya," sebut dr Nadia.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)