Kamis, 29 Jul 2021 07:30 WIB

Round up

Viral Kondisi Paru-paru Pasien COVID yang Vaksin Vs Tidak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment. Ilustrasi paru-paru. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis)
Jakarta -

Viral foto kondisi paru-paru pasien COVID-19 yang sudah divaksin dan tidak. Foto ini dibagikan oleh seorang dokter bernama Anne Gabriel-Chan di akun media sosial miliknya.

Foto tersebut membandingkan hasil rontgen paru-paru pengidap COVID-19 divaksin dengan yang belum divaksin. Perbandingan hasil rontgen disebutkan menunjukkan tingkat keparahan infeksi Corona pada pasien yang sudah vaksin dan belum.

Ada empat foto rontgen yang dibagikan, tiga di antaranya adalah penerima vaksin baik AstraZeneca, Sinovac, dan Pfizer. Sementara itu satu lainnya adalah tampilan paru-paru pasien COVID-19 yang belum divaksinasi.

Perbedaan jelas terlihat dari bercak putih pada paru-paru mereka. Disebutkan, pasien yang sudah menerima vaksin hasil rontgennya nyaris bersih sangat berbeda dengan yang belum vaksin tampak banyak flek putih.

"Ini adalah pasien sungguhan dan saya berbicara dari pengalaman klinis," tulisnya.

Spesialis paru-paru dari RS Persahabatan dr Erlang Samoedro, SpP menyebut pada orang yang sudah vaksin COVID-19, mereka akan memiliki kekebalan tubuh sehingga terhindar dari sakit parah akibat Corona.

Meski foto rontgen tersebut belum diketahui secara pasti apakah dari hasil pemeriksaan pasien COVID-19 atau bukan, namun bisa menjadi perumpamaan tentang dampak infeksi virus Corona pada orang yang belum divaksinasi dan yang sudah.

"Vaksinasi melindungi dari paparan COVID dan bila terinfeksi gejalanya jadi lebih ringan kalau gambaran foto ya mencerminkan berat ringannya penyakit," ujar dr Erlang.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)