Jumat, 30 Jul 2021 06:21 WIB

Kebelet Pipis di Pagi Hari, Tapi Mr P Masih Berdiri? Cowok Pasti Paham

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Ripe yellow banana splashing into clear water, black background Foto: Prostock-Studio
Jakarta -

Bangun dengan morning wood, atau ereksi yang terjadi di pagi hari, merupakan hal yang normal dialami pria. Namun terkadang jadi masalah jika pada saat yang sama juga kebelet ingin pipis.

Dikutip dari Healthline, buang air kecil dengan kondisi ereksi sangat mungkin terjadi, tetapi itu akan cukup sulit untuk dilakukan. Mengapa? Dan apakah itu hal yang normal?

David Samadi, ahli onkologi urologi, ahli bedah robotik, dan direktur Men's Health dari Rumah Sakit St Francis di Long Island menjelaskan bahwa hal itu sangat normal terjadi pada pria.

"Tujuan ereksi adalah untuk melepaskan air mani saat orgasme," kata Samadi.

"Agar air mani tidak masuk kandung kemih, sphincter (katup) internal saluran kemih berkontraksi. Tidak hanya untuk mencegah air mani masuk kandung kemih, tapi juga mencegah urine masuk saluran kencing saat ereksi dan ejakulasi," jelasnya.

Samadi dan sebagian besar ahli menyarankan, sebaiknya menunggu sampai tidak ereksi untuk buang air kecil. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merendam tangan ke dalam air dingin atau mengalirkan air dingin dari wastafel atau kucuran air untuk membantu rileks sehingga bisa buang air kecil. Tubuh yang rileks dapat membantu otot-otot sfingter uretra berkontraksi lebih sedikit.

Apabila cara ini tidak berhasil, Samadi menyarankan cara lain yang ia sebut dengan "double voiding". Cara ini sering digunakan orang-orang yang mengalami kesulitan buang air kecil akibat pembesaran prostat.

Caranya, buang air kecil semampunya dulu, lalu biarkan badan rileks beberapa saat, baru kemudian buang air kecil lagi sampai merasa kandung kemih sudah kosong. Metode lain yang dapat dilakukan yaitu meletakkan botol air panas di atas atau di area kandung kemih untuk mengendurkan otot-otot.

Jika cara ini masih belum ampuh dan tubuh masih tidak bisa rileks, beberapa cara yang dapat dilakukan di antaranya:

  • Membungkuk untuk buang air kecil
  • Buang air kecil sambil duduk
  • Memijat area kandung kemih dengan lembut

Apakah Ada Risiko Berbahaya Jika Buang Air Kecil Saat Ereksi?

Memaksa buang air kecil saat sedang ereksi akan terasa sangat tidak nyaman atau akan terasa menyakitkan. Namun, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan karena kesulitan buang air kecil saat ereksi merupakan hal yang biasa dan normal terjadi.

Namun, jika merasa tidak nyaman atau bahkan mengganggu kehidupan seks, sebaiknya konsultasi ke dokter.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)