Selasa, 03 Agu 2021 12:53 WIB

Kenali Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Segera Lapor Jika Ada Keluhan!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ROME, ITALY - MARCH 05: A healthcare worker of the Italian Army prepares doses of the AstraZeneca COVID-19 vaccine, as part of COVID-19 vaccinations plan for the military personnel, on March 5, 2021 in Rome, Italy. The Italian government blocked the shipment of 250,000 doses of the Oxford/AstraZeneca vaccine developed by the Anglo-Swedish group and produced in a factory near Rome. This is the first time that a European country has applied new rules to control vaccine exports, adopted in January. (Photo by Antonio Masiello/Getty Images) Foto: Getty Images/Antonio Masiello
Jakarta -

Pemuda asal Jakarta Timur, Trio Fauqi Virdaus, meninggal dunia sehari setelah divaksinasi COVID-19 AstraZeneca. Untuk memastikan penyebab kematiannya, dilakukan autopsi pada jenazah Trio yang sebelumnya sudah dikebumikan selama 2 pekan.

Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) mengungkap hasil autopsinya. Disebutkan, tidak ada indikasi pembekuan darah yang dikhawatirkan timbul dari vaksin AstraZeneca.

"Tidak cukup bukti sampai dengan saat ini untuk mengaitkan KIPI yang terjadi dengan imunisasi yang diberikan. Hasil otopsi klinis juga tidak menunjukkan adanya pembekuan darah, atau blood clot, yang selama ini diduga dapat ditimbulkan karena vaksin AstraZeneca," jelas Prof Dr dr Hindra Irawan Satari, Ketua Komnas KIPI dalam rilis Kemenkes RI, dikutip Selasa (3/8/2021).

KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian dan diduga berhubungan dengan imunisasi.

Kemenkes RI menyebut antisipasi terjadinya KIPI merupakan salah satu fokus perhatian pemerintah. Bagi penerima vaksin yang merasakan adanya efek samping setelah vaksinasi dapat langsung datang ke fasilitas layanan kesehatan tempat dilakukannya vaksinasi.

Berikut efek samping yang dilaporkan selama uji klinis vaksin AstraZeneca dikutip dari laman GOV.UK

Sangat umum

- Nyeri, gatal, dan rasa panas di area suntikan
- Merasa tidak enak badan
- Menggingil atau demam
- Sakit kepala
- Mual
- Nyeri sendi atau nyeri otot

Umum

- Bengkak, kemerahan, dan benjolan di area suntikan
- Demam
- Muntah atau diare
- Radang tenggorokan
- Pilek atau batuk
- Menggigil

Jarang (dirasakan 1 dari 100 penerima)

- Nafsu makan menurun
- Sakit perut
- Kelenjar getah bening membesar
- Keringat berlebih
- Kulit gatal atau ruam



Simak Video "Indonesia Juga Terima Vaksin AstraZeneca dari Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)