Selasa, 03 Agu 2021 21:58 WIB

6 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang 'Mematikan', Sering Begadang Salah Satunya

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Menu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan Begadang Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Diabetes adalah penyakit metabolis kronis yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar glukosa dalam darah. Diabetes yang paling banyak dialami adalah diabetes tipe 2, di mana tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau tidak membuat insulin secara cukup.

Jika dibiarkan, diabetes dapat memicu kerusakan pada organ lainnya seperti jantung, pembuluh darah, mata, ginjal hingga saraf.

Menurut WHO, dalam tiga dekade terakhir, penderita diabetes 2 juga telah meningkat secara dramatis. Bukan hanya pada lansia, diabetes juga kini banyak diidap oleh anak muda.

Salah satu pemicunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Berikut adalah kebiasaan anak muda yang memicu penyakit diabetes.

1. Minum minuman manis

Minuman manis banyak digemari oleh anak muda. Misalnya kopi, boba, atau minuman kemasan.

Minuman tersebut kebanyakan adalah minuman tinggi gula. Jika dikonsumsi berlebihan, bukan hal aneh jika seseorang berisiko terkena diabetes.

2. Tidak sarapan

Beberapa orang mungkin sering melewatkan karena terlalu sibuk. Padahal, sarapan itu sangat penting. Jika seseorang melewatkan sarapan, itu akan membuat seseorang merasa sangat kelaparan sehingga malah makan lebih banyak saat siang hari.

Tak hanya itu, jika melewatkan sarapan, gula dalam darah juga tidak akan stabil dan dapat membuat tubuh lemas, juga mengganggu kadar insulin dan kontrol gula darah.

3. Kurang konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah dapat menghindarkan seseorang dari risiko diabetes. Banyak sayuran yang dapat membantu mengontrol gula darah sekaligus menurunkan berat badan seperti bayam, labu, tomat, dan brokoli. Coba juga untuk mengisi setengah piring dengan sayuran agar serat yang dibutuhkan tubuh tercukupi.

4. Terlalu sering mengonsumsi makanan berpati

Makanan berpati seperti pasta, kentang, dan roti putih, dapat membuat gula darah melonjak dan akan menambah berat badan.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi karbohidrat bertepung hanya seperempat dari piring, lalu isi sisa piring dengan buah dan sayur.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Kata Dokter Soal Pemanis Buatan untuk Pengidap Diabetes"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)