Kamis, 05 Agu 2021 12:59 WIB

Jangan Dilakukan, Hal Ini Bikin Massa Otot Menurun

Inkana Putri - detikHealth
tidur Foto: shutterstock
Jakarta -

Memasuki usia dewasa, tubuh tentu akan mengalami banyak perubahan mulai dari stamina, penglihatan, dan kekuatan otot. Melansir Harvard Edu, setelah usia 30 tahun, orang dewasa akan mulai kehilangan massa otot sebanyak 33%. Adapun hal ini dapat terlihat dari kondisi badan yang cepat lelah saat beraktivitas hingga berat badan yang terus menurun.

Selain usia, penurunan massa otot ternyata bisa disebabkan oleh banyak hal. Melansir medicalnewstoday, berikut beberapa faktor yang bisa menurunkan massa otot.

Pola Makan Tidak Sehat

Nutrisi menjadi salah satu hal penting bagi tubuh, termasuk otot. Pola makan yang tidak sehat akan berpengaruh terhadap tercukupinya nutrisi. Akibatnya tubuh bisa kekurangan gizi sehingga berdampak mempengaruhi penurunan massa otot.

Orang dewasa dan lansia biasanya cenderung makan lebih sedikit, yang dapat menyebabkan kekurangan gizi. Tak heran jika di usianya, mereka akan mudah mengalami penurunan massa otot. Untuk itu, pastikan selalu untuk mengonsumsi biji-bijian, sayuran, buah-buahan dan protein untuk menjaga kekuatan otot.

Malas Gerak

Melakukan aktivitas fisik disebut dapat memperkuat massa otot. Jika Anda lebih sering berdiam diri di rumah atau malas beraktivitas, ini tentunya akan meningkatkan risiko penurunan massa otot. Pasalnya, tubuh yang kurang bergerak aktif akan membuat otot menjadi lemah dan mudah lelah karena tidak mendapatkan intensitas aktivitas fisik yang memadai. Jadi, pastikan untuk rutin beraktivitas fisik, salah satunya dengan olahraga ringan seperti jalan santai, sepeda, jogging, dan lainnya.

Kurang Tidur

Kurang tidur atau istirahat juga dapat berpengaruh terhadap penurunan massa otot. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur rata-rata 8,5 jam per harinya. Namun, tak jarang mereka yang hanya menghabiskan waktu kurang dari waktu yang dianjurkan. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang tidur rata-rata 8,5 akan kehilangan lebih banyak lemak, sementara mereka tidur 5,5 jam kehilangan sebagian besar otot.

Nah itulah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penurunan massa otot. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari hal-hal tersebut jika tak ingin kehilangan massa otot.

Selain itu, pastikan juga untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga massa otot. Pasalnya, massa otot yang sehat sangat berpengaruh terhadap fungsi daya tahan tubuh seseorang.

Menjaga massa otot kini dapat dilakukan salah satunya dengan mengonsumsi Ensure, susu bernutrisi lengkap dan seimbang dengan triple protein, omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin C, zinc, selenium, dan nutrisi penting lainnya.

Selain kaya nutrisi, Ensure juga terbukti ilmiah meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan tubuh untuk aktif sepanjang hari. Ensure juga rendah akan kandungan laktosa yang rendah dapat memberikan kenyamanan di perut. Saat ini, Ensure tersedia dalam 2 pilihan rasa lezat vanila dan cokelat serta tersedia dalam kemasan 150g, 400g dan 900g.

Ayo jaga daya tahan tubuh dan kekuatan otot untuk aktif sepanjang hari dengan minum Ensure 2 gelas tiap hari dan selalu patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Informasi lebih lengkap tentang gaya hidup sehat di usia dewasa, dapat dilihat di ensure.co.id.



Simak Video "Tetap Energik dan Stamina Terjaga Saat Berpuasa dengan Ensure"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/up)