Rabu, 04 Agu 2021 11:23 WIB

Massa Otot Turun hingga 33% Saat Masuk Usia 40-an, Gimana Menjaganya?

Angga Laraspati - detikHealth
lari Foto: shutterstock
Jakarta -

Otot merupakan salah satu jaringan di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menggerakkan tulang. Namun siapa sangka seiring bertambahnya usia, massa otot akan terus berkurang.

Dikutip dari sebuah buku yang diterbitkan oleh Grimby G dan Saltin B yang berjudul 'The Ageing Muscle. Clin Physial menyebutkan ketika massa seseorang akan berkurang hingga 33% ketika usia 40-80 tahun.

Di sisi lain, sebuah jurnal penelitian lain yang dilakukan oleh Karsten Keller dari Universitas di Johannesburg bersama koleganya juga menemukan proses penuaan menyebabkan massa otot yang berbeda dengan hilangnya kekuatan.

Penurunan kekuatan otot pada orang yang berusia kurang dari 40 tahun dibandingkan dengan yang berusia lebih dari 40 tahun berkisar antara 16,6% hingga 40,9%.

Tentunya ini cukup berbahaya, laporan tahun 2015 dari American Society for Bone and Mineral Research menemukan orang dengan sarcopenia memiliki risiko 2,3 kali mengalami fraktur trauma rendah akibat jatuh, seperti patah pinggul, tulang selangka, kaki, lengan, atau pergelangan tangan.

Lalu bagaimana mengatasi kehilangan massa otot tersebut? Berikut beberapa caranya dilansir dari dmarge.

Latihan Fisik

Seorang personal trainer dan juga pendiri firma di Sydney, Jordan Ponder, mengatakan solusi umum untuk penurunan massa otot adalah latihan ketahanan progresif atau plyometrics yang merupakan latihan yang berfokus pada kecepatan dan kekuatan.

Dalam latihan resistensi progresif, disarankan juga untuk meningkatkan volume secara bertahap dari waktu ke waktu. Ini berlaku untuk latihan beban, repetisi, dan set sebagai sarana untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan.

Menghindari Kebiasaan yang Buruk

Tak banyak yang menyadari, tetapi kebiasaan buruk juga memainkan peran kecil dalam kerusakan otot seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, mengatur gaya hidup di usia 30an menjadi jawaban agar massa otot tidak berkurang.

Cobalah kurangi kebiasaan buruk seperti tidak berolahraga, begadang, dan juga tidak mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung protein. Kebiasaan inilah yang seharusnya tidak dilakukan agar massa otot tidak berkurang.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Untuk menjaga massa otot, asupan makanan juga harus diperhatikan. Ini juga yang dilakukan oleh para binaragawan yang menjaga porsi protein tertentu untuk membantu membangun otot. Hal tersebut tidak berbeda dengan mempertahankan massa otot.

Protein dari makanan akan diubah menjadi asam amino yang kemudian digunakan untuk membangun otot. Sebuah studi dari Harvard juga menyatakan seorang pria harus menargetkan asupan harian 1 hingga 1,3 gram protein per kilogram.

Selain itu, aktivitas fisik dan nutrisi yang tepat, termasuk protein yang cukup juga sangat penting untuk kesehatan otot. Protein menyediakan blok bangunan otot dan memainkan peran dalam setiap aspek kehidupan.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi protein yang cukup melalui makanan seperti daging tanpa lemak, makanan laut, telur, susu dan kacang-kacangan.

Sebuah laporan konsultasi bersama yang dilakukan FAO, WHO dan UNU juga menyatakan rata-rata orang dewasa perlu mengonsumsi sekitar 58-73 gram protein per hari berdasarkan 0.8g/kg berat badan/hari untuk 160 pound (kurang lebih 73kg) dan 200 pound (kurang lebih 91 kg).

Salah satu asupan yang bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga massa otot adalah Ensure. Ensure adalah nutrisi yang mengandung triple protein, yakni perpaduan protein whey, kasein, dan soya, yang mudah dicerna dan bertahan lama dalam tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan sintesis protein.

Produk ini juga memiliki nutrisi lengkap dan seimbang yang bisa ditemukan di triple protein, omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin C, zinc, selenium, dan nutrisi penting lainnya yang terbukti ilmiah mendukung meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung kekuatan tubuh untuk aktif sepanjang hari.

Dapatkan informasi mengenai gaya hidup sehat di usia dewasa dan ketahui juga usia otot kamu melalui fitur kalkulator usia otot di ensure.co.id/s4s.

(mul/up)