Selasa, 03 Agu 2021 13:03 WIB

3 Indikator Tubuh Sehat Secara Fisik bagi Orang Dewasa, Apa Saja?

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Olahraga di rumah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tubuh sehat dan bugar sering diidentikkan pada mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Usia yang masih muda membuat mereka memiliki banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Padahal selain usia banyak indikator tubuh sehat secara fisik yang bisa diidentifikasi. Ciri-ciri orang yang sehat secara fisik itu meliputi spektrum jumlah, perilaku, dan bahkan penampilan yang besar yang dapat dimiliki seseorang.

Dilansir dari consumerforhealthchoice berikut 3 indikator tubuh sehat secara fisik.

1. Kemudahan Bernafas

Orang yang memiliki tubuh sehat adalah mereka yang memiliki pernapasan yang teratur, berirama, dan stabil. Pasalnya, melalui pernapasan tubuh kita mendapatkan oksigen yang dibutuhkan untuk disalurkan ke seluruh bagian tubuh.

2. Perilaku dan Sikap yang Positif

Perilaku dan sikap yang selalu positif secara teratur itu mencerminkan kesehatan mentalnya. Pasalnya, dalam banyak kasus, orang yang memiliki masalah dengan beberapa penyakit mengekspresikan rasa sakit mereka melalui perilaku mereka.

3. Berat dan Ukuran Tubuh yang Sehat

Seseorang yang sehat secara fisik dapat terlihat dari berat badannya. Mereka akan terlihat tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk. Dalam banyak kasus, kenaikan berat badan atau penurunan berat badan merupakan gejala penyakit seperti fase awal kanker, diabetes atau bahkan penyakit mental seperti depresi.

Oleh karenanya, berat badan ini sering dikaitkan dengan kurangnya massa otot. Massa otot adalah bagian penting dari penuaan yang sehat, namun studi baru menunjukkan 1 dari 5 orang dewasa yang lebih tua memiliki massa otot yang rendah. Sementara Penuaan dan kesehatan yang baik tidak selalu merupakan dua konsep yang berjalan seiring.

Peneliti dari Rumah Sakit Umum Changi SingHealth dan Abbott misalnya menemukan bahwa 1 dari 5 orang dewasa dengan usia lebih dari 65 tahun dengan status gizi normal memiliki massa otot yang rendah. Studi SHIELD (Penguatan Kesehatan Pada Lansia melalui nutrisi) juga menemukan bahwa risikonya sedikit lebih tinggi pada wanita dengan 1 dari 4 memiliki massa otot yang rendah.

Massa otot yang buruk dapat menjadi indikator energi yang lebih rendah, kekuatan yang berkurang, mobilitas yang berkurang, dan kualitas hidup yang berkurang dan efek sampingnya dapat bertambah. Oleh karenanya, sangat penting bagi orang dewasa untuk mempersiapkan diri dalam pemenuhan nutrisi di massa otot ini.

Kabar baiknya pemberian nutrisi yang tepat bersama dengan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah atau memperlambat hilangnya otot seiring bertambahnya usia. Adapun caranya dengan mengikuti diet nutrisi yang tepat dan melakukan olahraga teratur serta meningkatkan massa otot.

Selain itu, salah satu cara menjaga massa otot adalah dengan mengonsumsi Ensure. Pasalnya, produk nutrisi dewasa ini mengandung triple protein, yakni perpaduan protein whey, kasein dan soya yang mudah dicerna dan bertahan lama dalam tubuh, sehingga meningkatkan sintesa protein.

Ensure juga mengandung, omega 3, omega 6, vitamin D, vitamin C, xinc, selenium, dan nutrisi penting lainya untuk meningkatkan daya tahan tubuh setiap hari. Selain itu, Ensure tersedia dalam dua pilihan rasa lezat vanilla dan coklat serta tersedia dalam kemasan 150 gram, 400 gram dan 900 gram.

Untuk diketahui, PT Abbott Products Indonesia selaku produsen selalu memasarkan produk yang ilmiah dengan rendah laktosa yang memberikan kenyamanan di lambung, serta terbukti klinis untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bantu jaga kekuatan tubuh untuk aktif sepanjang hari.

Ayo jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari dengan minum nutrisi bergizi dan seimbang dua gelas setiap hari. Patuhi juga protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus dengan wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Informasi lebih lanjut seputar gaya hidup sehat di usia dewasa dan usia otot kunjungi website ensure.co.id/s4s



Simak Video "Tetap Energik dan Stamina Terjaga Saat Berpuasa dengan Ensure"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)