Jumat, 06 Agu 2021 12:51 WIB

Kevin Aprilio Ditusuk 18 Ribu Kali saat Transplantasi Rambut, Bagaimana Prosesnya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kevin Aprilio di acara Rumpi: No Secret di Gedung Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Musisi Kevin Aprilio menceritakan pengalamannya melakukan transplantasi rambut dan janggut. Demi mendapatkan hasil maksimal, pria berusia 31 tahun itu harus rela ditusuk berkali-kali.

"Totalnya 18 ribu kali ditusuk," kata Kevin dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

Suami Vicky Melanie ini mengatakan transplantasi rambut yang ia jalani adalah untuk menambah kepercayaan dirinya. Awalnya Kevin hanya ingin menambah rambut di area jidat namun karena ingin penampilan baru, ia juga akhirnya melakukan transplantasi di jenggot.

Transplantasi rambut adalah prosedur di mana ahli bedah plastik atau dermatologis memindahkan rambut ke area kepala yang botak. Dokter bedah biasanya memindahkan rambut dari belakang atau samping kepala ke depan atau atas kepala.

Metode transplantasi rambut yang dijalani Kevin disebut Follicular unit extraction (FUE). Ekstraksi unit folikel adalah jenis transplantasi rambut yang dilakukan dengan mengambil folikel rambut dan memindahkannya ke bagian lain dari tubuh yang pertumbuhan rambutnya lebih sedikit.

Ahli bedah menggunakan suntikan mikro untuk mengekstrak folikel tunggal dan memindahkannya sehingga hampir tidak meninggalkan tanda-tanda ekstraksi.

Prosedur FUE yang dijalani Kevin Aprilio disebut aman dengan efek samping minimal karena tak ada bekas luka kecuali titik putih di tempat folikel diekstraksi. Adapun efek samping yang biasanya dikeluhkan adalah pembengkakan, memar, dan sensitif di area ekstraksi namun dapat hilang dalam beberapa hari.

Beberapa orang mengalami peradangan atau infeksi pada folikel rambut setelah transplantasi yang disebut folikulitis. Antibiotik dan kompres dapat meringankan masalah ini.

Kisaran biaya yang dikeluarkan

Dikutip dari Healthline, untuk jenis transplantasi rambut yang dijalani Kevin Aprilio berkisar sekitar 4 ribu-15 ribu dolar AS (Rp 57 juta-215 juta) per sesi. Biayanya juga tergantung pada:

- Berapa banyak rambut yang diekstraksi dan ditransplantasikan
- Seberapa sering ahli bedah melakukan transplantasi FUE
- Seberapa sulit penanganan setelah operasi



Simak Video "Tren 'Coronacuts', Potong Rambut Sendiri Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)