Jumat, 06 Agu 2021 16:03 WIB

Ahli Virus Wuhan Ungkap Alasan Virus Corona Terus Bermutasi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wuhan kini kembali diserang virus Corona melalui varian delta. Pemerintah terkait pun gerak cepat dengan menggelar tes PCR massal. Foto: Getty Images
Jakarta -

Ahli virus dari Institut Virologi Wuhan, Shi Zhengli, mengatakan bahwa varian baru Corona akan terus bermunculan selama terjadi peningkatan jumlah infeksi. Makin banyak infeksi maka peluang virus bermutasi juga meningkat.

Shi, yang juga dijuluki sebagai 'wanita kelelawar' ini jadi orang pertama yang meneliti virus Corona yang berasal dari kelelawar. Ia mencatat bahwa China saat ini berada di bawah tekanan karena munculnya varian Delta.

"Kita seharusnya tidak panik, tetapi perlu bersiap hidup berdampingan dengan virus dalam jangka panjang," kata Shi dikutip dari Global Times.

Dia juga mengatakan bahwa virus terus bermutasi karena semakin banyak orang terinfeksi, sehingga memberikan peluang bagi virus melakukan perubahan dan memunculkan varian baru.

Shi Zhengli menambahkan dia telah berbicara dengan beberapa pasien yang terinfeksi setelah vaksinasi dan menemukan bahwa vaksin, meskipun tidak dapat mencegah infeksi, masih efektif dalam mencegah penyakit kritis.



Simak Video "Melihat Kecepatan Wuhan Lakukan Tes Covid-19 untuk 11 Juta Warganya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)