Sabtu, 07 Agu 2021 15:03 WIB

5 Negara Ini Kembali Alami Lonjakan Kasus COVID-19, China Termasuk

Ayunda Septiani - detikHealth
Wuhan kini kembali diserang virus Corona melalui varian delta. Pemerintah terkait pun gerak cepat dengan menggelar tes PCR massal. Foto: Chinatopix Via AP
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mengalami kenaikan signifikan di beberapa negara di Asia. Bahkan dalam situasi pandemi yang sudah lebih dari satu tahun setengah berjalan ini, beberapa negara baru saja memecahkan rekor penambahan kasus harian sejak pandemi ini muncul.

Dalam cakupan wilayah, Indonesia masih memimpin penambahan kasus harian terbesar dengan mencatatkan kenaikan di atas 30 ribu kasus. Namun tren infeksi kasus sendiri telah mengalami penurunan sejak awal Juli lalu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 negara Asia yang mengalami lonjakan kasus virus COVID-19.

China

Otoritas China kembali mencatat rekor tertinggi untuk lonjakan kasus virus COVID-19 dalam sehari di wilayahnya.

Ada 124 kasus baru Corona terdeteksi dalam 24 jam terakhir di China, dengan sebagian besar merupakan kasus penularan lokal.

Dikutip dari laman Reuters, lonjakan 124 kasus Corona dalam sehari tersebut terdiri atas 80 kasus penularan lokal atau kasus Corona yang penularannya terjadi di tengah masyarakat.

Kebanyakan dari kasus penularan lokal yang terdeteksi di China ini dipicu lonjakan kasus Corona di Provinsi Jiangsu.

Dalam 24 jam terakhir, Provinsi Jiangsu dilaporkan mencatat 61 kasus baru Corona. Sebagian besar penularan lokal di provinsi ini terjadi di kota Yangzhou.

Malaysia

Otoritas Malaysia melaporkan lonjakan lebih dari 20.000 kasus virus COVID-19 di wilayahnya.

Dikutip dari laman The Star, Kementerian Kesehatan Malaysia melaporkan bahwa 20.596 kasus Corona tercatat dalam 24 jam terakhir.

Angka tersebut menggeser rekor tertinggi sebelumnya yang diumumkan pada Rabu (4/8/2021) lalu, saat Malaysia mencatat 19.819 kasus COVID-19 dalam sehari.

Media lokal The Edge Markets menyebut ini juga menjadi momen pertama saat tambahan kasus harian di Malaysia menembus angka 20.000 kasus Corona sejak pandemi merebak awal tahun lalu.

Jepang

Tokyo melaporkan penambahan kasus baru COVID-19 sebanyak 5.042 per Kamis (5/8/2021) kemarin. Angka ini menjadi rekor baru semenjak pandemi COVID-19 merebak di ibu kota Jepang, yang kini tengah menyelenggarakan ajang Olimpiade Tokyo 2021.

Mengingat, Tokyo telah berada dalam status darurat sejak pertengahan Juli. Sempat ada larangan operasi restoran dan bar, aturan pembatasan ini kini dinilai melonggar lantaran masyarakat jenuh.

"Kami perlu mengatasi situasi karena kami sekarang melihat urgensi yang lebih kuat," Perdana Menteri Yoshihide Suga terkait kali pertama Tokyo mencapai kasus harian tembus 5 ribu, dikutip dari Huffington Post.

Filipina

Filipina melaporkan 10.623 kasus virus Corona baru, lonjakan infeksi satu hari terbesar selama hampir empat bulan terakhir.

Kasus Corona di Filipina bisa melonjak akibat kemunculan varian Delta yang membuat tekanan di rumah sakit. Sekitar 13 juta penduduk yang tinggal di Manila diminta untuk tetap tinggal di rumah.

"Pemerintah pusat bersama-sama dengan pemerintah daerah harus bertindak agresif, seolah-olah sudah ada penularan dalam masyarakat," kata juru bicara kementerian kesehatan Maria Rosario Vergeire pada konferensi pers, merujuk pada varian Delta yang sangat menular.

Vietnam

Kasus infeksi Corona di Vietnam mengalami tren kenaikan yang sangat signifikan sejak Juni lalu. Bagaimana tidak, negara yang sebelumnya bahkan sempat mencatatkan nihil kasus COVID selama beberapa bulan tiba-tiba melaporkan rekor infeksi hingga diatas 9 ribu perhari pada akhir Juli lalu.

Pemerintah pusat sendiri telah memerintahkan pembatasan ketat terhadap mobilitas warga di pusat bisnis Kota Ho Chi Minh dan 18 kota serta provinsi di seluruh bagian selatan hingga Agustus mendatang.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)